zetizen.jawapos.com- Di era new normal, orang dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai kebiasaan baru. Salah satunya kegiatan pembelajaran yang kini dilakukan secara daring di rumah. Pembelajaran dengan sistem daring yang tidak bertatap muka langsung ini, tentunya membutuhkan beberapa peralatan untuk mendukung proses kegiatan tersebut. Di zaman digital seperti sekarang, peralatan teknologi menjadi alat yang wajib dimiliki untuk menunjang produktivitas selama belajar di rumah. Berikut ini adalah rekomendasi peralatan penunjang pembelajaran daring yang dapat membuatmu lebih nyaman dan efektif ketika proses pembelajaran. Yuk, simak rekomendasinya!

Laptop

(foto:pinterest)

Laptop menjadi pilihan yang tepat bagi anak muda yang membutuhkan perangkat mobile ideal selama proses pembelajaran daring di rumah. Model laptop yang simpel tidak memakan banyak ruang dan dapat dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain memudahkan pelajar untuk mengikuti kegiatan pembelajaran daring dimana saja. Untuk memastikan kinerja laptop bekerja maksimal, setidaknya prosesor yang dibenamkan dalam laptop harus Core i5 dan memiliki RAM 8GB. Laptop cukup fleksibel karena dapat digunakan dalam waktu berjam-jam tanpa akses ke stop kontak daya. Jadi, kamu tidak perlu merasa khawatir jika terjadi pemadaman listrik di rumahmu.


Aplikasi Video Conference

(foto:sisternet.co.id)

Anjuran untuk belajar daring di rumah membuat kebutuhan untuk menggunakan aplikasi video conference menjadi semakin meningkat. Teknologi ini sangat membantu tenaga pendidik dan pelajar dalam proses pembelajaran daring dalam melakukan interaksi tatap muka meskipun terpisah jarak. Banyak sekali aplikasi video conference yang bisa digunakan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran daring. Manfaat yang diperoleh dalam penggunaan aplikasi video conference ini tentunya memudahkan koordinasi antara tenaga pendidik dan pelajar, serta dapat mengikuti kegiatan pembelajaran daring dari mana saja tanpa repot.


WebCam

(foto:logitech.com)

Webcam seringkali dianggap sebatas aksesoris dan jarang digunakan. Namun, kini webcam menjadi peralatan yang wajib dimiliki dalam kegiatan pembelajaran daring. Jangankan pelajar, bahkan mahasiswa, guru dan dosen pun memerlukan webcam sebagai pendukung ketika melakukan sistem pembelajaran daring. Webcam eksternal cenderung lebih bagus dari webcam bawaan laptop karena memiliki resolusi yang lebih besar dan kualitas gambar lebih tajam. ­Adanya webcam mampu membuat orang lain melihat kamu dengan jelas saat video conference. Selain itu, webcam juga berguna untuk meningkatkan kualitas gambar video sehinga kegiatan belajar mengajar terasa lebih nyaman dan berjalan dengan lancar.


Tablet

(foto:bobobox.co.id)

Teknologi tablet kini sudah setara dengan laptop dan dekstop. Desainnya yang ringkas dan fleksibel membuat kamu bisa mengikuti kegiatan pembelajaran daring dimana saja, mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur. Tablet mempunyai perfoma yang mumpuni untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring, segala aplikasi yang kamu butuhkan bisa langsung diunduh di situs layanan tanpa harus berpindah-pindah dari satu perangkat ke perangkat lain. Sama seperti ponsel, tablet memiliki koneksi WiFi dan seluler sehingga pengguna bisa menggunakan tablet untuk menikmati hiburan untuk mengurangi kebosanan setelah belajar seharian.


Headphone

(foto:soha.vn)

Penggunaan headphone sangat dianjurkan dalam kegiatan pembelajaran daring karena siswa harus mendengarkan penjelasan yang jelas dari guru. Headphone dapat mmebantumu untuk mendengar penjelasan guru dengan seksama, sehingga lebih konsetrasi dan fokus terhadap materi yang disampaikan. Headphone mampu mengurangi kebisingan suara yang tidak diinginkan dan kualitas suaranya yang bagus mampu memberikan kenyamanan yang tidak perlu diragukan lagi. Kamu bisa menggunakan headphone ketika pembelajaran daring agar lebih nyaman dan fokus belajar, lho.


Layanan Jaringan Konektivitas

(foto:ciaoblog.net)

Di era serba online ini, layanan telekomunikasi menjadi hal penting dalam segala hal, termasuk dalam kegiatan pembelajaran daring. Selama masa pandemi Covid-19, seluruh kegiatan pembelajaran diganti melalui aplikasi pembelajaran online. Untuk mendukung kegiatan belajar mengajar, dibutuhkan sistem komunikasi dan jaringan telekomunikasi yang mumpuni agar tidak menghambat proses kegiatan tersebut. Oleh karena itu, internet berkecepatan tinggi menjadi keniscayaan terlebih pada tenaga pendidik dan pelajar yang membutuhkan kecepatan unggah dan unduh dalam kegiatan pembelajaran daring.


Meja Laptop

(foto:pinterest)

Kegiatan pembelajaran daring banyak dihabiskan dengan duduk. Terlalu lama duduk tidak baik untuk kesehatan, maka kamu perlu memaksimalkannya dengan sekali-sekali bergerak. Meja belajar menjadi salah satu peralatan yang mendukung dalam kegiatan pembelajaran daring. Meja belajar mampu membuatmu mengikuti kegiatan pembelajaran daring dengan nyaman dan lebih fokus ketika mengerjakan suatu hal. Selain itu, adanya meja belajar portabel sangat memungkinkan untuk berpindah posisi ketika kegiatan pembelajaran daring agat tidak bosan dan merasa nyaman.


Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!