Zetizen.Jawapos.com – Rabu (16/12), menjadi rangkaian penutup pada program Youth Ecopreneurship Initiative (YEI) dimana telah memberikan kesempatan kepada pelajar SMA dan SMK untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mewujudkan sebuah ide bisnis. Diselenggarakan oleh Citibank N.A., Indonesia (Citi Indonesia) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI), kegiatan Youth Ecopreneur Talk bertema “Green Business for Sustainable Environment and Economy di gelar untuk menguatkan edukasi ecopreneurship kepada generasi muda Indonesia.

Diselenggarakan secara virtual, acara ini menghadirkan narasumber dari PJI dan Citi Indonesia, serta sosok ecopreneur muda sukses nan inspiratif: Iben Yuzenho (Pendiri Sebumi) dan Stevia Anlena Putri, President D’Eagle SC dari SMA Karangturi Semarang (pemenang Indonesia Student Company of the Year Competition 2020). “Pemberdayaan generasi muda memang telah menjadi fokus kegiatan sosial kemasyarakatan Citi Indonesia, terutama dalam ranah edukasi, literasi keuangan dan keterampilan dasar kewirausahaan,” terang Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia, Puni A. Anjungsari.

Sejak tahun 2014, Youth Entrepreneurship Initiative telah memberikan manfaat kepada lebih dari 55.000 pelajar dari 169 SMA dan SMK di enam kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Medan, Semarang, Surabaya, dan Denpasar) melalui edukasi kewirausahaan. Selama program, para pelajar berkesempatan untuk memperoleh keterampilan dan pengalaman bisnis secara komprehensif dengan mengoperasikan usaha mikro yang berorientasi lingkungan.

 

“Kami optimis, Youth Ecopreneurship Initiative turut andil melahirkan para ecopreneur andal yang jeli menangkap peluang dan mampu mengelola usaha secara bertanggung jawab – yang siap mengaplikasikan praktik bisnis berkelanjutan guna meningkatkan kebermanfaatan mereka bagi kelestarian alam Indonesia,” jelas Co-Founder & Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner. Terobosan kolaboratif ini juga menjadi bentuk dukungan Citi Indonesia dan PJI terhadap upaya pemerintah menjalankan Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau (Green Growth Assessment Process/GGAP) yang bertujuan mengurangi kemiskinan serta memastikan inklusi sosial, kelestarian sosial dan efisiensi sumber daya. 

“Citi Indonesia meyakini bahwa semangat kewirausahaan berbasis lingkungan akan memajukan kreativitas generasi muda Indonesia dalam mengubah tantangan menjadi sebuah ide bisnis yang bernilai ekonomi tinggi dan berfaedah jangka panjang. Citi Indonesia bertekad untuk melanjutkan program edukasi kewirausahaan muda ini untuk pelaksanaan tahun ketujuh. Semoga prakarsa kami dapat menjangkau lebih banyak pelajar dan memberi dampak positif yang lebih luas,” tutup Puni A. Anjungsari.

 

Share
Create Your Own Article!