Zetizen.com - Beragam jenis sushi bisa dibilang sebagai karya seni. Mulai dari sushi jenis makimono, inari, gunkan, nigiri, hingga sashimi, semuanya perlu teknik yang berbeda. Agar bisa menyajikan yang terbaik di piring pelanggan, sushi chef perlu tiga skill ini, lho! Siapkan catatan dan simak, ya!

Pandai Memilih Bahan Berkualitas

Sushi dengan bahan segar dan berkualitas (foto:Instagram)

Karena sushi sering menggunakan bahan seafood mentah, bahan terutama ikan memiliki musim serta cara penyimpanan masing-masing, dan tentunya perlu kualitas bahan yang terbaik. Apalagi seorang sushi chef akan berkreasi mengembangkan resepnya. Nah, sebagai sushi chef, wajib memahami dan memilih bahan yang tepat agar dapat kombinasi rasa yang diinginkan. Selain itu, beras, cuka, dan garam yang digunakan untuk membuat nasi sushi juga khusus, lho! Sesuai dengan resep masing-masing sushi chef.


Kecepatan dan Ketepatan dalam Bekerja

Sushi chef sedang melakukan plating (foto:Instagram)

Ketepatan waktu sangat penting karena setiap bahan memiliki waktu pengolahan masing-masing. Setiap sushi yang dibuat sushi chef  harus memiliki konsistensi yang sama. Hal ini dikaitkan dengan kemampuan sushi chef menggunakan pisau, seperti bagaimana cara memotong dan ketepatan memotong bahan sushi. Ketepatan memotong ini akan menghasilkan bagian terbaik dari suatu bahan. Semakin banyak berlatih, maka sushi chef akan semakin terbiasa dalam mengolah sushi-nya.


Pentingnya Keramahan dan Kebersihan

Sushi chef siap menyajikan hidangan (foto:Instagram)

Biasanya, sushi chef akan melayani pelanggan secara langsung karena sushi bar berbentuk open kitchen. Oleh karena itu, sushi chef harus belajar cara berinteraksi dan menghibur pelanggan agar tertarik dengan makanan yang dihidangkan. Oh iya, prosedur kebersihan juga penting banget, lho! Karena sushi  dibuat langsung dengan tangan, maka sanitasi menjadi perhatian utama agar bahan tetap segar dan kesehatan pelanggan tetap terjaga.


Share
Create Your Own Article!