Zetizen.com - Pressed flower memang menarik untuk dijadikan kado. Selain dapat dinikmati sisi seninya, ternyata pressed flower juga digunakan untuk mengawetkan, mengobservasi, dan memberikan informasi mengenai tanaman. Hasil pressed flower dapat menjadi ilmu yang bertahan hingga ribuan tahun jika dilakukan dengan benar. Berikut adalah cara mudah untuk membuat pressed flower di rumah, yuk kita simak!

Tumpuk dengan Buku Tebal

Contoh pressed flower (foto:Instagram)

Pertama-tama, siapkan bunga yang akan kamu pres, buku tebal, dan kertas atau koran bekas. Selipkan bunga di halaman buku yang sudah dialasi kertas. Hati-hati ketika menutup buku agar bunga tidak bergeser. Tumpuk buku dengan buku tebal lainnya dan tunggu kurang lebih 2 minggu sampai bunganya kering. Salah satu keuntungan membuat pressed flower dengan buku adalah ada banyak halaman yang bisa kamu gunakan. Tapi pastikan buku yang kamu gunakan siap untuk terkena air dan kotor, ya!


Manfaatkan Kardus Bekas

Proses membuat pressed flower menggunakan kardus (foto:Pinterest)

Kalau kamu tidak ingin bukumu kotor, kamu bisa menggunakan cara ini. Siapkan lembaran kardus bekas lalu letakkan kertas atau koran dan tisu secara berurutan di atas lembaran kardus. Setelah itu, tutupi dengan tisu, kertas, dan lembaran kardus. Jika sudah selesai, beri pemberat dan tunggu kurang lebih 2 minggu. Voila, pressed flower-mu siap digunakan!


Langsung dengan Setrika

Langkah-langkah membuat pressed flower (foto:Pinterest )

Jika kamu tidak ingin menunggu hingga 2-3 minggu, kamu bisa menggunakan setrika untuk membuat pressed flower. Cukup siapkan bunga pilihanmu, kertas, dan setrika. Letakkan bunga di antara dua kertas dan atur suhu panas setrika ke yang paling rendah. Ketika sudah panas, tempelkan setrika di atas kertas selama 15 detik kemudian angkat. Ingat ya! Jangan lakukan gerakan maju mundur seperti menyetrika baju biasanya. Ulangi proses ini hingga bunga kering dan pressed flower siap mempercantik barangmu.


Share
Create Your Own Article!