zetizen.jawapos.com – Novel online bisa jadi salah satu alternatif menghabiskan waktu selama #dirumahaja. Masa sih kamu sama sekali nggak jenuh nonton drama Korea terus, nonton film di Netflix terus, apalagi scrolling timeline Instagram? Mata bisa capek lah! Tenang, sekarang banyak platform gratis yang cocok buat baca novel online. Yuk, disimak!

Wattpad

Saat ini, novel online dari Wattpad banyak disukai, sampai-sampai penerbit besar mencetaknya secara masal. Nggak heran, di sini banyaaaaak baget cerita yang siap bikin pembacanya baper. Selain itu, kalau bosan dengan novel online dari Indonesia, kamu tinggal mengubak lokasi negaramu dan novel-novel dari negara tersebut akan bermunculan. Jadi, jelas bacaanmu nggak akan pernah habis! Menulis novel online sendiri juga bisa lho.

Storial.co

Kamu jenis yang agak rewel melihat UI (User Interface) sebuah aplikasi? Cobain Storial.co deh! Sejenis dengan Wattpad, Storial.co juga tempat yang oke buat membaca novel online. Bedanya, di sini pembaca nggak jarang disuguhi audio seperti background musik lho. Alhasil, pengalaman membacamu pun jauh lebih kaya dan nggak membosankan. Sayangnya, beberapa cerita di Storial.co berbayar. Tenang, masih tetap affordable kok.

Cabaca

Nggak merasa keberatan merogoh kocek sedikit untuk membaca novel online? Nah, kamu harus mencoba Cabaca! Di sini hampir semua genre novel ringan tersedia. Mulai dari teenlit, chicklit, romance, fantasi, sampai horor. Yang jelas, semua itu tersedia secara gratis tiga bab pertama. Cukup banget untuk menentukan apakah kamu ingin lanjut baca atau nggak. Oh iya, kamu juga bisa mempublikasikan ceritamu di Cabaca dan mendapatkan royalti lho!

Joylada

Nah, yang ini lebih unik nih! Joylada mengklaim dirinya sebagai novel online chat pertama di Indonesia. Bahkan, pembaca aktifnya dari Indonesia sudah sampai ribuan! Jadi, bukannya membaca kalimat-kalimat dalam paragraf, cerita yang tersedia di Joylada tersaji layaknya chat di media sosial atau messengers. Masih alasan gampang bosan kalau baca buku? Coba Joylada dulu!

MTLNovel

MTLNovel adalah situs yang memuat novel terjemahan. MTL merupakan singkatan dari Machine Translation yang berarti novel yang tersedia di situs ini merupakan novel yang diterjemahkan oleh mesin dan tersedia dalam empat bahasa berbeda. Yakni, Inggris, Indonesia, Spanyol, dan Perancis. Oh ya, semua novel di sini bisa dinikmati secara gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun lho! Cocok untuk menghabiskan waktu seharian.

Hayo, sudah coba baca novel online dimana nih?

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!