Zetizen.com - Kisah kemerdekaan yang ada di buku pelajaran hanyalah sebagian kecil dari sejarah. Ada banyak cerita di era kemerdekaan Indonesia yang mungkin belum kita ketahui. Salah satunya adalah peristiwa pada 21 Juli 1947, ketika tujuh kadet (calon perwira) Angkatan Udara Republik Indonesia menyerang markas Belanda.

Temata Studios bersama Screenplay Films dan Legacy Pictures mempersembahkan sebuah film adaptasi dari peristiwa tersebut dan diberi judul Kadet 1947. Film yang disutradarai sekaligus ditulis oleh Rahabi Mandra dan Aldo Swastia itu mengisahkan perjalanan tujuh pemuda yang ingin merebut kembali kemerdekaan dari Belanda pasca pelanggaran Perjanjian Linggarjati. Mereka melakukan serangan udara ke tentara Belanda di beberapa wilayah yang diduduki, yaitu Ambarawa, Salatiga, dan Semarang dengan menggunakan 300 kg bom.

Nggak hanya mengusung kisah heroik, film ini juga mengulas sisi lain anak muda tahun 40-an dengan bumbu romansa, friendship, dan sedikit komedi. “Cerita perjuangan kan sudah banyak, tapi kisah persahabatan yang dikemas dalam drama heroik peristiwa bersejarah itu masih jarang diceritakan. Apalagi peristiwanya serangan udara. Makanya, kita angkat sisi ini supaya ada ‘bumbu penyedap’ dan penonton bisa relate sama karakternya,” ungkap produser Celerina Judisari saat konferensi pers virtual film Kadet 1947 pada Rabu (15/4/2020).

Untuk mendukung kematangan akting, para aktor muda seperti Kevin Julio, Baskara Mahendra, Wafda Saifan, dan Samo Rafael harus menjalani pelatihan layaknya TNI AU. Mereka bahkan dipantau langsung oleh Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma TNI Fajar Adriyanto. Selama empat hari di bootcamp, mereka melakukan latihan menembak, lari pagi, hingga kegiatan malam agar sikap kemiliteran dan perjuangan mereka tumbuh.

Selain pengambilan gambar yang menantang, film Kadet 1947 juga totalitas dalam menyajikan visual yang apik. Tim produksi film yang terdiri lebih dari 300 orang itu sampai harus membuat Pangkalan Udara Maguwo beserta 3 hanggar dan  pemukiman warga bernuansa era 40-an. Semuanya diset di Landasan Udara Gading TNI AU di Gunung Kidul, Yogyakarta. Mereka juga membuat 12 replika pesawat tempur sendiri dengan didampingi Dinas Penerangan TNI AU. Salah satunya adalah model pesawat Cureng yang dipakai dalam peristiwa asli.

Film Kadet 1947 awalnya direncanakan tayang pada Agustus 2020 untuk memeriahkan HUT ke-75 RI. Namun, proses produksi harus mengalami penundaan karena adanya pandemi. Dikabarkan bahwa film Kadet 1947 akan rilis di tahun ini, tetapi belum bisa dipastikan. Semoga pandemi segera berlalu, ya. Can’t wait to see the youth struggle!

Share
Create Your Own Article!