Zetizen.jawapos.com - Himpunan mahasiswa (Hima) Program Studi Akuntansi Universitas Airlangga (Unair) sukses menyelenggarakan Airlangga Accounting Competition (AAC) 2021. Kembali digelar daring, kompetisi tingkat nasional itu mengusung tema berlandaskan kondisi perekomonian Indonesia di masa pandemi.

“Pandemi membawa dampak yang cukup signifikan di bidang perekonomian. Salah satunya UMKM yang mengalami penurunan ekonomi. Tentu, kita sebagai mahasiswa akuntansi harus paham bagaimana cara menanggulangi permasalahan tersebut. Akuntan perlu diasah kegigihannya dalam mencari solusi yang bisa menjadi kunci dasar pemulihan perekonomian,” ungkap Isma Novia Sari, ketua panitia AAC 2021.

Event tahunan tersebut terbagi atas dua unit lomba yaitu UNAC (Unair National Accounting Competition) yang ditujukan untuk mahasiswa dan TAC (Teenage Accounting Competition) untuk kalangan siswa SMA. Para peserta akan mengerjakan soal-soal akuntansi layaknya olimpiade  untuk bisa lolos babak penyisihan dan eliminasi. Baru pada babak semifinal dan final, kamu akan dihadapkan dengan games strategi, studi kasus, hingga debat. 

“Untuk meminimalkan munculnya klaster baru, AAC dilaksanakan secara online. Mulai dari jalannya perlombaan hingga awarding night. Karena kondisinya terbatas, kita juga meniadakan lomba poster yang ada di tahun sebelumnya. Sebagai gantinya, webinar nasional yang biasanya untuk umum, kini lebih dikhususkan untuk anak SMA,” lanjut mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu.

Meski daring, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 28 Agustus sampai 12 September 2021 itu tetap berjalan lancar dan seru, lho! Apalagi mereka mengundang satu guest star yang lagi booming, Chris Andrian, saat awarding night. “Kita berharap para peserta nggak hanya menguasai materi akuntansi, tetapi juga paham isu sosial, mampu memupuk kepercayaan diri, dan sifat gigih dalam membangun perekonomian,” tandas Isma. Coba angkat tangan yang pekerjaan impiannya menjadi akuntan!

Share
Create Your Own Article!