Zetizen.jawapos.com - Para pencinta genre aksi dan supranatural sepertinya perlu memasukkan Kemono Jihen ke dalam daftar tontonan nih. Anime tentang kemono, makhluk mitologi Jepang ini baru saja tayang di Netflix pada bulan Juli lalu. Kemono Jihen diadaptasi dari manga berjudul sama yang dibuat oleh Sho Aimoto dan rilis tahun 2016. Anime ini kemudian mulai mengudara di saluran televisi Jepang pada 10 Januari 2021. 

Kisahnya bermula di sebuah desa di pelosok pegunungan Jepang yang tengah dilanda kejadian misterius. Hewan ternak dan binatang tiba-tiba mati dengan kondisi janggal. Detektif supranatural, Inugami (Junichi Suwabe) akhirnya dipanggil untuk menyelidikinya. Di tengah penyelidikan, seorang anak bernama Kabane (Natsumi Fujiwara) berhasil menarik perhatian sang detektif. Kabane memiliki mata merah dengan sebuah kalung berliontin batu yang kemudian diketahui sebagai batu kehidupan. Dikenal pendiam, Kabane justru mengetahui dengan detail kejadian yang sedang melanda desanya.

Bersamaan dengan munculnya kemono yang menyerang desa, Kabane menemukan jati dirinya. Fakta bahwa Kabane seorang kemono hanyo, makhluk campuran antara manusia dan Khoul, iblis tanpa darah yang kuat, membuat Inugami memutuskan untuk membawa Kabane ke Tokyo. Di sana, Kabane tinggal dan bertemu dua anak kemono lainnya, Shiki sang siluman laba-laba (Natsuki Hanae) dan Akira (Ayumu Murase). Mereka bekerja membantu Inugami menangani kasus gaib.

Misi detektif satu per satu terselesaikan dengan siluman yang makin beragam, kekuatan ketiga detektif cilik juga makin kuat. Shiki yang berhasil mengalahkan traumanya, Akira mulai percaya diri dengan kemampuannya, dan Kabane yang akhirnya mampu mengendalikan kekuatan kemononya. Sekilas, Kabane mengingatkan pada karakter Rin Okumura di anime Ao no Exorcist. Keduanya sama-sama anak hasil hubungan manusia dan iblis dengan kekuatan yang dahsyat. 

Sayang, perkembangan karakter para tokoh di season 1 terasa agak stuck. Kabane yang mulanya memiliki tujuan bertemu dengan orang tuanya, sama sekali nggak memiliki emosi untuk mencapainya. Dia hanya berkelahi dan bereaksi datar terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Begitu juga dengan karakter Kon yang kurang dikembangkan secara maksimal. Mengingat manga Kemono Jihen masih berlanjut, semoga ada peningkatan karakter di season berikutnya, ya.

Kemono Jihen diakhiri dengan pertarungan pelik antara manusia dan kemono. Meski beberapa adegan terasa kurang penjelasan, overall, serial anime garapan sutradara Masaya Fujimori itu cukup seru dengan visual ciamik dan lagu dari Yukio Nagasaki yang menemani petualangan Kabane. Eitts, beberapa adegan mungkin sedikit gore meskipun masih bisa ditolerir. Untuk saat ini, belum ada kabar tentang penayangan season kedua. Let’s just wait for it and enjoy the anime!

Share
Create Your Own Article!