Zetizen.jawapos.com - Peran perempuan sangatlah penting dalam sektor pariwisata. Karena itu, perlu adanya apresiasi terhadap pekerja perempuan agar mendapat upah yang adil dan kesempatan yang sama. Untuk menumbuhkan kesadaran akan hal tersebut, Women in Tourism Indonesia menginisiasi WTIDtalk 6 bertajuk Peran Generasi Muda dalam Pemberdayaan Responsif Gender di Sektor Pariwisata Indonesia.

Talkshow itu telah sukses digelar secara daring melalui Zoom dan live YouTube pada Sabtu (18/9). “Acara ini bertujuan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya peran generasi muda dalam mengambil langkah-langkah yang inklusif terkait terciptanya kesetaraan gender di sektor pariwisata,” ungkap Anindwitya Rizqi Monica, founder WTID dalam sambutannya.

Narasumber muda profesional yang concern di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif turut hadir sebagai pemateri. Di antaranya Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju), Sarah Sentoso (Putri Pariwisata Intelegensia 2020 & Miss Cultural Tourism 2020 ), Ni Made Gandhi Sanjiwani (Chief Business Officer GODEVI), dan Paul W. Eka (Founder Silaq Indonesia dan Marine Conservationsist). 

“Budaya patriarki seringkali membuat perempuan Bali tidak dapat meneruskan kiprahnya dalam membangun desanya sendiri, meskipun bisa, tidak optimal,” ujar Ni Made Gandhi Sanjiwani. Dia pun mengajak generasi muda untuk jadi garda depan yang dapat menghubungkan aspirasi masyarakat di desa wisata dengan pemerintah.

“Dengan begitu, kebijakan-kebijakan inovatif akan lahir. Mari kita mulai aksi nyata ini dengan langkah sederhana dimulai dari desa kita sendiri,” lanjutnya. Acara berlangsung seru dengan para peserta yang antusias melontarkan pertanyaan kepada para speaker. Adanya kuis di akhir sesi membuat acara makin semarak.  

Untuk diketahui, WTIDtalk seri ke-6 ini merupakan rangkaian acara perayaan ulang tahun Women in Tourism.  Yayasan perempuan penggerak pariwisata itu juga bakal mengadakan WTIDcamp di bulan Oktober mendatang lho. Itu adalah sarana bagi mahasiswa yang ingin berkarir di bidang pariwisata untuk belajar bersama para mentor terkait dengan integrasi pelatihan gender di sektor pariwisata.

Share
Create Your Own Article!