Zetizen.jawapos.com - Soundquriang is back! Soundquriang adalah acara tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia (PPIA) Macquarie University sejak tahun 2014. Acara itu diadakan agar bisa menginspirasi anak muda untuk melakukan hal-hal baik yang berdampak bagi komunitas serta meningkatkan awareness terhadap kebudayaan Indonesia. Sebagai konser bebasis penggalangan dana, Soundquriang bakal mendonasikan 100 persen dari profit yang diperolehnya.

Konser penggalangan dana terbesar di Sydney itu digelar virtual pada Minggu (26/9) pukul 16.00 WIB atau 19.00 AEST. Soundquriang selalu menghadirkan musisi-musisi hebat seperti Tompi, Tulus, Kahitna, Project POP, Sheila ON 7, HIVI!, Ari Lasso, dan Sandhy Sandoro. Tahun ini, penonton disuguhkan dengan penampilan spesial dari Raisa, Misellia Ikwan, dan Rizky Febian.

Tema Reminiscene of Nusantara yang diusung menampilkan cerita animasi tentang perjalanan musik Indonesia. Dimulai dari tahun 1200 SM yang menceritakan awal mula terbentuknya alat musik tertua yaitu Kledi. Kemudian berpindah ke masa Sunda Kelapa (1512) yang mengenalkan alat musik fado dan genre musik keroncong. Cerita animasi berakhir di zaman kemerdekaan, saat genre musik dangdut mulai digemari masyarakat.

“Tak hanya mengenalkan keragaman budaya Indonesia, ini juga untuk mengobati rasa rindu teman-teman yang belum bisa pulang ke Indonesia karena pandemi,” tutur Konsul Jenderal RI Sydney Vedi Kurnia Buana dalam sambutannya. Virtual concert itu sekaligus merayakan World Peace Day pada 21 September lalu.

Acara dibuka dengan penampilan Alouisia Choir yang membawakan lagu Serenata Jiwa Lara, kemudian dilanjutkan berbagai penampilan menarik lainnya. Ada kolaborasi apik antara komunitas Bali Seke Gamelan Dharma Putra dan Anklung Narifirisan IPC Randwick Sydney membawakan lagu Kampuang Nan Jauh di Mato dan Ge Mu Fa Mi Re. Nggak hanya lagu daerah, ada juga lagu top hits era 1960-an hingga masa kini, seperti Sakura, Yang Terlupakan, Cintaku, Pergilah kasih, dan banyak lagi!

Performance tiga bintang utama yang ditunggu-tunggu tiba. Misellia membawakan lagu Bebas dari Iwa K dengan ceria. Lalu, disambung penampilan Raisa dengan lagu Nyawa dan Harapan serta single terbarunya Kutukan (Cinta Pertama). Lagu pertama dibawakan bersama lima perwakilan PPI Indonesia dari Amerika, Hongkong, Jerman, Kanada, dan Korea. Sampailah di penghujung acara bersama Rizky Febian, dengan suara khasnya menyanyikan lagu Cuek, Mantra Cinta, dan Makna Cinta. Soundquriang 8 masih bisa kamu nikmati lewat kanal YouTube PPIAMQ TV lho! See you next year!

Share
Create Your Own Article!