Zetizen.jawapos.com - Setelah mengalami penundaan jadwal rilis sejak 2020 silam, film Nussa akhirnya diumumkan bakal tayang di bioskop tanah air pada 14 Oktober 2021 mendatang. Film animasi yang diputar dalam Bucheon International Fantastic Film Festival tersebut fokus pada kisah Nussa yang selalu berusaha mempertahankan prestasinya.

Sinopsis Film Nussa

Film ini dibuka dengan kisah Nussa (Muzakki Ramdhan) yang merupakan anak cerdas dan berbakti kepada orang tua. Nussa punya semangat tinggi untuk bisa menjadi juara dan membanggakan orang tua. Keluarganya juga nggak pernah absen untuk mendukung Nussa.

Setiap tahun, Nussa selalu mendapatkan juara pertama dalam kompetisi sains di sekolah. Sampai kemudian tiba sosok murid baru bernama Joni (Ali Fikry). Kemampuan Joni dalam bidang sains nggak kalah hebatnya. Teman-teman Nussa bahkan beranggapan kalau Joni bisa menjadi saingan beratnya dalam kompetisi sains.

Keadaan tersebut diperburuk dengan eksperimen roket Nussa yang gagal. Teman-teman Nussa kemudian beralih untuk mendukung Joni dan roket canggihnya. Ditambah lagi, Nussa mendapat kabar jika Abah nggak bisa pulang dari luar negeri. Merasa terpukul, Nussa marah dan hendak menyerah untuk melanjutkan eksperimen roketnya. Wah, makin rumit nih.

Relevan dengan Kehidupan

Saat itu, Nussa merasa kalau Umma nggak pernah menuruti keinginannya. Tapi, Abah dan Umma mencoba untuk memberi pengertian kepada Nussa. Abah menenangkan Nussa dengan memuji jika Nussa tetaplah menjadi juara dalam keluarganya. Dari situ, Nussa kembali bersemangat untuk belajar mengembangkan roketnya yang terbuat dari bahan bekas itu.

Berbeda dengan Nussa yang memiliki orang tua supportif, Joni justru terbiasa ditemani dan diasuh oleh seorang pekerja rumah tangga, Bibi Mur namanya. Orang tua Joni terlampau sibuk dengan urusan pribadi. Meski semua keinginannya selalu terpenuhi, Joni kerap merasa kesepian di rumah dan merindukan kehangatan dari kasih sayang orang tua.

Menyajikan Visual yang Ciamik

Selain animasi 3D, diawal film juga menampilkan animasi 2D yang nggak kalah bagusnya. Visual dalam film dibuat semenarik mungkin. Sang sutradara Bony Wirasmono mengungkapkan bahwa dalam penggarapan film Nussa, tim lebih memperkuat dan mengembangkan beberapa teknologi baru yang berbeda dengan serial sebelumnya. Salah satunya teknologi hair-system, di mana setiap helai rambut karakter dibuat satu persatu.

Dijamin nggak bakal bosan saat menontonnya deh. Apalagi beberapa pengisi suaranya adalah bintang ternama seperti Asri Welas, Maudy Koesnaedi, Imam Darto, Dewi Sandra, Opie Kumis, hingga Raisa Andriana.

Cocok Ditonton Bareng Keluarga

Alur cerita dalam film Nussa cenderung ringan, tapi juga nggak membosankan. Karakter Nussa dan Joni sangat khas dengan pribadi anak-anak dalam menghadapi masalah. Film ini juga mencoba untuk menghentikan kebiasaan orang tua di luar sana yang sering membandingkan pencapaian anaknya dengan anak lain.

Selain masalah parenting, semangat dan kebaikan hati Nussa dapat menjadi inspirasi anak-anak. Mereka akan diajarkan untuk pantang menyerah, saling tolong menolong, peduli terhadap sesama, hingga menyayangi teman atau keluarga. Kehangatan di dalam film ini mampu menyentuh hati penonton. So worthy to watch with family!

Share
Create Your Own Article!