Zetizen.jawapos.com - Saat mengerjakan tugas kelompok, ada saja teman yang malas atau nggak ikutan diskusi. Dari yang punya seribu alasan sampai yang mendadak hilang ditelan bumi. Tentu, teman yang begitu bikin kesal, apalagi kalau tugasnya banyak dan sulit. Kalau anggota kelompokmu ada yang seperti itu, coba lakukan tips berikut. Jangan pasrah aja mengerjakannya sendiri, itu tugas kelompok bukan individu! 

Bangun Komunikasi lewat Diskusi

Komunikasi yang baik bakal bikin setiap anggota nyaman untuk menyampaikan pendapatnya. Kalau ada yang pasif, kamu bisa lebih intens mengajaknya berdiskusi dan tanyakan dengan jelas alasan dia nggak bisa aktif berkontribusi. Coba pancing temanmu untuk memberikan pendapat dan hargai sarannya. Perlahan-lahan dia akan merasa dihargai dan lebih semangat.

Buat Kesepakatan dan Pembagian Tugas

Sebelum memulai kerja kelompok, kamu bisa bikin kesepakatan tentang konsekuensi kalau nggak mengerjakan tugas. Tujuannya, agar setiap anggota berkomitmen dan mau bekerja sama. Oh ya! Pastikan membagi tugas dengan jelas. Libatkan semua anggota agar setiap orang mengerti tanggung jawabnya. Kalau biasanya yang pasif dapat tugas remeh, kali ini coba berikan tugas yang penting agar dia nggak cuek lagi. Siapa tahu temanmu jadi termotivasi untuk memberi yang terbaik.

Deadline, Deadline, Deadline!

Setelah membagi tugas dengan jelas, kamu perlu menentukan deadline untuk setiap bagian. Hal itu agar setiap anggota mengerjakan tugasnya tepat waktu dan lebih mudah untuk mengecek apakah masih ada bagian yang tertinggal. Kalau perlu, ingatkan setiap hari agar terngiang-ngiang di kepala teman kelompokmu, hehe.

Pilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu yang tepat agar semua anggota kelompok bisa hadir dalam kerja kelompok. Mungkin saja teman kelompokmu pasif karena sibuk kerja paruh waktu misalnya. So, tentukan jam kerja kelompok sesuai kesepakatan bersama. Apalagi sekarang kerja kelompok bisa dilakukan tanpa bertatap muka, seperti mengerjakan di file yang sama secara daring.

Jangan Ragu Beri Peringatan

Bersikap tegas dalam kelompok itu perlu, lho! Nggak perlu sungkan untuk mengingatkan sesama teman kelompok. Kalau sudah coba diskusi dan memberikan solusi untuk teman yang pasif, tetapi nggak ada perubahan, kamu bisa menegurnya. Jika perlu ancam namanya nggak akan dicantumkan dalam tugas, agar temanmu sadar sama tanggung jawabnya. Belum sadar juga? Coba teror lewat chat, call, atau datangi ke rumahnya biar dia notice, hehe.

                                            

Share
Create Your Own Article!