Zetizen.jawapos.com - Masalah rambut seperti rambut lepek, rontok, hingga ketombe emang ganggu banget dan bikin bete. Namun, itu semua bisa diatasi dengan melakukan perawatan yang benar. Nah, belakangan ini, keramas menggunakan campuran sampo dan kopi lagi ngetren di media sosial TikTok dan Twitter. Klaimnya sih bisa memperbaiki masalah rambut rontok dan ketombe. Wah, kira-kira aman nggak ya? Yuk, simak faktanya lebih lanjut!

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology tahun 2007 mengemukakan bahwa kafein bisa merangsang serta mengaktifkan sel pada folikel rambut. Yaitu dengan melepaskan ATP (adenosina trifosfat) yang memiliki kemampuan memerangi DHT (Dihydrotestosterone), hormon penyebab kebotakan rambut. Itu kenapa kafein bisa mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan batang rambut yang lebih tebal dan kuat. Hal serupa tercantum dalam British Journal of Dermatology, yang menunjukkan bahwa kafein dapat menyempurnakan proses pemanjangan rambut.

Selain kafein, ada pula kandungan flavonoid sebagai antioksidan yang mendorong regenerasi rambut, sehingga rambut lebih halus dan berkilau. Kandungan eksfoliator dalam kopi juga  mampu membersihkan tumpukan kotoran di kulit kepala, sehingga mengurangi produksi ketombe. Beberapa kandungan tersebut ada pada kopi murni yang belum tercampur dengan bahan lain seperti gula dan susu. So, kopi yang dipakai untuk keramas nggak bisa sembarangan ya!

Kalau tertarik buat mencoba, hal pertama yang kamu butuhkan pastinya kopi murni. Setelah membasahi rambut, campurkan sampo dengan kopi secukupnya. Lalu, gunakan di akar rambut dan kulit kepala seperti saat keramas biasanya. Pijit kulit kepala selama 3-5 menit kemudian bilas dan pastikan nggak ada kopi yang tertinggal di kulit kepala. Biar makin maksimal, jangan lupa mengaplikasikan conditioner setelah keramas. Oh iya, keramas dengan campuran sampo dan kopi cukup dilakukan seminggu sekali.

Meski terbilang aman, perlu diketahui bahwa penggunaan kopi pada rambut hanya terbatas sebagai vitamin saja. Sebab, belum ada penelitian yang menunjukkan takaran pas untuk kopi yang digunakan sebagai perawatan rambut. Di sisi lain, penyebab masalah rambut pada tiap individu berbeda-beda. Jadi, efek yang dihasilkan setelah keramas menggunakan campuran sampo dan kopi juga nggak sama. Don’t too much, guys!

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!