Zetizen.jawapos.com - Program internship jadi salah satu hal yang dianggap prestise. Sebab, kamu bakal dapat kesempatan dan pengalaman baru untuk eksplorasi banyak bidang di dunia kerja. Meski menjadi sesuatu yang menyenangkan, nyatanya nggak sedikit pemagang yang merasa terjerat di tempat kerjanya, lho. Nah, beberapa hal berikut perlu kamu ketahui sebelum memutuskan mengikuti program internship!

  • Ingat, Anak Magang Berhak Mendapat Uang Saku

Internship merupakan proses pelatihan kerja untuk menerapkan keilmuan atau kompetensi yang didapat selama menjalani masa pendidikan. Program magang juga telah diatur dalam UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan sebagai perlindungan bagi pemagang. Sebab, sering kali internship dimanfaatkan perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja murah. Salah satu yang perlu diingat, sebagai pemagang kamu berhak mendapat uang saku dan pemenuhan atas hak-hak lain.

  • Harus Ada Perjanjian Tertulis dengan Perusahaan

Ada hak-hak yang perlu kamu pahami agar terhindar dari eksploitasi pekerjaan, seperti dipekerjakan dengan upah rendah atau beban kerja yang terlalu berat. Pertama, harus ada perjanjian tertulis antara pemagang dan perusahaan. Kalau nggak ada, kamu bakal susah untuk membela hak dan kewajibanmu. Dalam kontrak tersebut, harus tercantum pula jumlah uang saku yang layak, beban kerja yang jelas, jaminan sosial tenaga kerja, proses mentoring yang membangun, serta sertifikat magang.

  • Jangan Malu Bertanya dan Membaur!

Jangan malu untuk bertanya! Selain untuk mendapatkan kepastian, bertanya juga bisa meminimalkan terjadinya kesalahan. Eitss, jangan terlalu sering bertanya hal-hal kecil yang bisa kamu cari tahu sendiri, ya. Kamu juga perlu memberi kesan yang baik dengan bersikap ramah dan berpenampilan rapi. Don't be spoiled! Apalagi kalau kamu malas-malasan dan nggak berinteraksi dengan karyawan lain. Siap-siap aja kamu akan kehilangan respek dari senior.

  • Jangan Dulu Mengeluh, Suka Duka Saat Magang itu Wajar

Suka duka selama magang itu wajar. Salah satunya dalam hal membangun relasi, yang tentu nggak mudah. Kamu perlu memahami karakter setiap orang agar gampang beradaptasi. Belum lagi, kalau nggak ada pekerjaan yang dikerjakan, sedangkan jam pulang masih lama. Kamu akan merasa bosan dan sepi. Nah, kalau mahasiswa biasanya akan merasa kesulitan dalam hal membagi waktu antara pekerjaan dan kuliah.

  • Manfaatkan Waktu Magang dengan Baik, Asah Skill hingga Perluas Relasi

Salah satu tujuan mengikuti internship adalah pengalaman yang bisa dicantumkan dalam curriculum vittae. Internship jadi tempat kamu bertemu dengan orang-orang baru yang bisa membuka pintu menuju peluang pekerjaan, ide, dan jaringan lebih luas. Kamu juga dipaksa untuk keluar dari zona nyaman dan jadi mandiri. Pengalaman internship bakal memudahkanmu memahami bagaimana menapaki jenjang karir selanjutnya di dunia kerja.

Share
Create Your Own Article!