Zetizen.jawapos.com - Rutin mengonsumsi buah-buahan? Well, buah memang punya segudang manfaat buat kesehatan. Sebab, buah merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat penting untuk tubuh. Eitss, nggak cuma baik untuk dikonsumsi, itu juga bagus untuk rambut lho. Yaps! Masker buah bisa bikin rambut makin kuat dan berkilau alami. Kira-kira buah apa saja ya yang bisa dijadikan masker rambut? Don't waste your time and check this out! 

  • Pisang 

Kalium dalam pisang dapat mengembalikan rambut yang kering dan kusam. Anti oksidan pisang juga berkhasiat untuk meningkatkan produksi kolagen dan menjaga elastisitas helai rambut, sehingga rambut terlindungi dari kerusakan dan ujung bercabang. Setelah pakai hair mask pisang, dijamin deh rambut jadi makin lembut dan berkilau. Untuk membuat hair mask pisang kamu bisa menghaluskan pisang dan mencampurnya dengan bahan lain seperti minyak zaitun, minyak kelapa, madu, atau yogurt.

  • Jambu Biji

Jambu biji mengandung Vitamin C yang membantu melembutkan dan menguatkan rambut. Lycopene dalam jambu biji juga dapat membentuk lapisan pelindung pada rambut untuk melawan radikal bebas, segel kutikula, dan meningkatkan kesehatan rambut. Buah ini mampu menyingkirkan tumpukan kotoran dan minyak alami pada kulit kepala yang berpotensi menyumbat pori-pori. Masker rambut dari jambu biji bisa kamu campurkan dengan madu, lemon, atau kuning telur untuk hasil yang maksimal.

  • Pepaya 

Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, flavonoid, mineral, magnesium, kalium, dan serat. Kandungan air yang tinggi dalam pepaya berperan besar menjaga kelembapan rambut dan mencegah uban prematur. Selain itu, kandungan enzim papain dan AHA dalam pepaya dapat mengobati ketombe serta menghilangkan kotoran penyebab kerusakan kulit kepala. Campuran terbaik untuk masker rambut pepaya adalah yogurt, madu, minyak kelapa, dan minyak nimba.

  • Stroberi 

Stroberi bisa mencegah kerontokan rambut, mengobati ketombe, dan membuat rambut lembut dan juga sehat. Silika pada stroberi berguna mencegah kebotakan serta meningkatkan pertumbuhan rambut. Mineral dalam buah ini juga bermanfaat mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala. Cara menyiapkan masker rambut stroberi ialah dengan menghaluskan dan mengombinasikannya dengan yogurt, jeruk, atau madu. Jika digunakan secara teratur, rambutmu bakal jadi lebih halus, lembab, dan berkilau.

  • Alpukat

Rambut kamu kering dan rusak? Alpukat bisa jadi solusinya! Si hijau ini mengandung minyak alami dan asam lemak baik yang bermanfaat untuk rambut. Selain dapat membantu merevitalisasi rambut kering dan memperbaiki kerusakan, Vitamin B dan E dalam alpukat juga sangat penting untuk menumbuhkan serta memperkuat helai rambut. Masker rambut alpukat bisa kamu campurkan dengan beberapa bahan seperti mayones, minyak kelapa, madu, lidah buaya, dan kuning telur.

Share
Create Your Own Article!