Zetizen.jawapos.com - Festival Jakarta Film Week 2021 telah sukses digelar pada 18-21 November. Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata menutup event berskala internasional itu, Minggu (21/11).

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan piala untuk para pemenang kompetisi Jakarta Film Week. Berikut daftar para pemenang film kompetisi di Jakarta Film Week 2021 beserta sinopsinya. Check this out!

1. Petite Maman (2021) 

Film Prancis karya Céline Sciamma berhasil meyabet penghargaan film panjang internasional terbaik di Jakarta Film Week 2021. Pemenang kategori Global Feature Award itu diikuti dengan special mention untuk film Money Has Four Legs karya Maung Sun. Petite Maman berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Nelly (Joséphine Sanz) yang baru saja kehilangan neneknya. Nelly dan kedua orang tuanya pun pergi ke rumah mendiang neneknya untuk membereskan barang-barang di rumah tempat ibu Nelly menghabiskan masa kecilnya.

Suatu ketika Nelly pergi berjalan-jalan di sekitar rumah tersebut dan bertemu seorang anak gadis seumurannya tengah membangun rumah pohon. Persahabatan di antara keduanya pun terjalin. Film bergenre drama fantasy itu telah diputar di beberapa festival bergengsi seperti Festival Film International Berlin (2021), Festival Film International Toronto (2021), dan Festival Film International San Sebastian.

2. Dari Hal Waktu (2020)

Untuk kategori Direction Award atau penghargaan film panjang Indonesia terbaik dimenangkan oleh film Dari Hal Waktu karya Agni Tirta. Dengan special mention film Death Knot karya Cornelio Sunny.

Film dokumenter tersebut mengangkat tentang seorang tokoh teater bernama Fajar Suharno yang memulai kariernya sejak tahun 70-an. Teater Dinasti adalah salah kelompok teater yang pernah dia dirikan setelah keluar dari Bengkel Teater milik WS.Rendra.

3. The Girls Are Alright (2019)


Kategori Global Short Award atau penghargaan film pendek internasional terbaik dimenangkan oleh film The Girls Are Alright karya Gwai Lou. Dengan special mention film Diary Of Cattle karya Lidia Afrilita dan David Darmadi.

Film pendek dari Malaysia itu bercerita tentang Orked dan Ani, duo sahabat sejak di bangku sekolah. Keduanya mulai jarang bertemu sejak keluarga Orked pindah. Meski begitu, mereka tetap berteman baik. Suatu ketika Ani menerima tawaran aneh melalui aplikasi kencan yang baru saja dia daftarkan dan Orked lah orang pertama yang diberitahu Ani. The Girls Are Alright adalah film yang cukup relate dengan kehidupan remaja masa kini yang nggak bisa lepas dari internet. Termasuk bahaya yang mengincar dengan terhubungnya kehidupan real life dan internet.

4. Ringroad (2021)


Satu penghargaan lagi, yaitu Jakarta Film Fund Award dimenangkan oleh Ringroad karya Andrew Kose. Dengan special mention One Night In Chinatown karya William Adiguna. Film yang diputar perdana di Jakarta Film Week itu mengisahkan romansa remaja seorang asisten rumah tangga di perumahan elit Jakarta (Mul) dan pacarnya, seorang pekerja bangunan (Reza). Keduanya memutuskan kabur dan bertualang melakukan hal-hal yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Wah, menarik semua ya. Yang mana nih favorit kalian? Well, selamat untuk para pemenang!

Share
Create Your Own Article!