Zetizen.jawapos.com - Ide dan kreativitas harus tetap jalan sekalipun di kondisi pandemi. Tentu, dengan mengarahkannya pada kegiatan positif agar timbul jiwa artistik, kritis, dan aspiratif. Well, dalam rangka memperingati hari jadi UKM Seni Fakultas Teknologi Pangan Universitas Brawijaya, diadakanlah sebuah event untuk mewadahi minat dan bakat mahasiswa di bidang seni. Acara tahunan itu adalah Flotus Fest!

Sempat absen di tahun 2020, Flotus Fest kembali hadir dengan konsep virtual bertemakan Indonesian Pop Culture. Tema tersebut dipilih mengingat pop culture bersifat dinamis dan fleksibel layaknya generasi muda saat ini. Flotus Fest 2021 bisa dinikmati oleh berbagai kalangan karena rangkaian acaranya nggak cuma konser musik. Ada virtual art exhibition dan online charity yang akan diserahkan kepada Yayasan Panti Anak Cacat di Malang, lho!

Virtual art exhibition diadakan sebagai wadah seniman lokal untuk menunjukkan karya mereka. Bentuk karya yang dipamerkan ada typography, lukisan, dan fotografi. Karya seni dapat disaksikan secara virtual di website. Namun, tetap memberi real-life experience kepada penonton. Total partisipannya berjumlah 16 seniman dengan 24 karya,” jelas Geraldo Darrel, Ketua Pelaksana Flotus Fest 2021.

Menariknya, konser musik virtual Flotus Fest 2021 mengusung tiga nama jalan di Jakarta. Masing-masing jalan merepresentasikan lagu serta suasana para performers. Di antaranya ada Jl. Melawai yang merepresentasikan kawula muda bergaya edgy, vintage, dan indie, dengan  Farrel Hilal dan Skyline sebagai guest star. Lalu ada Jl. Brawijaya dengan gaya casual, fun, dan funk sebagaimana Juicy Luicy. Terakhir Jl. Senopati yang highend, sophisticated, dan bebas layaknya Basboi.

Acara yang sukses dilaksanakan pada Sabtu (27/11) malam itu dibuka dengan penampilan Flopi dari UKM Seni. Yang disusul penampilan musik dari grup band Anville dan Greyfia. Acara semakin seru dengan penampilan guest star keren. Farrel Hilal, Skyline, Juicy Luicy, dan Basboi, masing-masing membawakan enam lagu andalannya. Penonton pun dapat mengungkapkan antusiasme mereka lewat live streaming comment box.

Keberhasilan Flotus Fest 2021 terselenggara meriah menunjukkan totalitas semua yang terlibat. “Kami menggerakkan panitia secara maksimal untuk bisa mengembangkan konsep acara, menentukan tema, bahkan melakukan riset kecil mengenai online music concert dan platform yang akan digunakan. Kami juga mengupayakan dana agar acara bisa berjalan dengan baik,” ungkap Geraldo.

Adanya Flotus Fest 2021 diharapkan bisa menularkan efek kegembiraan dan kebahagiaan sekaligus menjadi media transfer ilmu bagi anggota UKM Seni. “Sebagaimana tagline kami, ‘Fasten Your Seatbelt, Relish The Effect’. Flotus Fest 2021 juga ingin memberi apresiasi terhadap musisi lokal dan seniman di sekitar,” tandas Geraldo. Well done Flotus Fest!

Share
Create Your Own Article!