Zetizen.jawapos.com - Apa yang terlintas di benakmu jika mendengar jurusan Agrobisnis atau Agribisnis? Sawah? Petani? Cocok tanam? Kalau iya, berarti kamu belum mengenal betul sama jurusan satu ini. Jurusan Agrobisnis nggak cuma mengajarkan bercocok tanam lho! Yuk kenalan sama jurusan Agrobisnis! 

1. Nggak Cuma Belajar Pertanian 

Yaps! Jurusan Agrobisnis nggak hanya mengajarkan seluk-beluk pertanian, tetapi juga belajar memaksimalkan keuntungan dari setiap produk pertanian yang dihasilkan. Mulai penanaman, pengolahan, sampai pemasaran. Mata kuliahnya pun beragam. Di antaranya, komunikasi dan penyuluhan, ekonomi pertanian, olahan pertanian, serta kewirausahaan. Menariknya, ada salah satu materi, supply chain, yang mengharuskanmu menganalisis permasalahan petani dan membuat prototipe usaha yang bisa membantu mereka menyelesaikan permasalahan tersebut. 

2. Sebagai Negara Agraris, Lulusan Agrobisnis Bakal Terus Dibutuhkan 

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan komoditi utama beras. Ditambah pula kebutuhan dasar mayoritas masyarakat negara ini berasal dari sektor pertanian. Hal itulah yang memberikan peluang besar pada bisnis di bidang pertanian. Tentu, lulusan jurusan Agrobisnis akan sangat dibutuhkan untuk memberikan solusi dan inovasi bagi dunia pertanian di Indonesia.  

3. Peluang Masuk Jurusan Agrobisnis Lebih Besar 

Sudah banyak universitas ternama yang membuka jurusan Agrobisnis dengan akreditasi A. Namun, peminat jurusan ini masih terbilang sedikit. Padahal, peluang kerjanya nggak kalah luas dengan jurusan bonafit lainnya. Jadi, kalau kamu berminat masuk jurusan ini, peluang diterima bakal lebih besar. Eittss, tetap belajar maksimal dan berdoa, ya!

4. Belajar Jadi Entrepeneur Muda 

Lulusan Agrobisnis tetap bisa berpeluang sukses sebagai pengusaha muda. Sebab, mahasiswa Agrobisnis juga diajarkan ilmu sosial ekonomi pertanian yang bisa diaplikasikan jika kamu ingin terjun di bidang entrepreneur. Wah, kamu bisa menciptakan lapangan kerja untuk orang lain nantinya. 

5. Prospek Kerja Luas dan Gaji Besar

Konsep berkelanjutan dalam Agrobisnis nggak membatasi ruang lingkup dan prospek pekerjaan dalam satu bidang saja. Artinya, Agrobisnis memberikan banyak pilihan prospek pekerjaan di masa depan. Misalnya, dosen, penyuluh pertanian, peneliti pertanian, pengusaha, hingga manajer pemasaran. Kamu tinggal menyesuaikan dan mengarahkan potensi agar kuliahnya optimal. Jurusan ini juga bisa memberimu kesempatan memiliki jabatan keren di pemerintahan dengan gaji yang besar.

Share
Create Your Own Article!