Zetizen.jawapos.com - Buku digital atau e-book kini makin diminati. Sebab, paperless dan lebih terjangkau dibanding buku fisik. Kamu bisa baca buku online lewat aplikasi baca digital atau gadget khusus seperti Kindle Amazon. Keduanya punya kelebihan masing-masing. Kamu tim gadget Kindle atau e-readers nih, bookish? 

1. E-Reading Device Khusus Baca Buku 

Situs jual beli elektronik online terbesar di dunia, Amazon, mengeluarkan seri gadget buat kamu si kutu buku. Kindle termasuk jenis e-reading device yang dikhususkan untuk membaca. Built-nya menggunakan teknologi layar e-ink dengan tampilan layar mirip kertas. Karena ini e-reading device, jadi nggak bisa dipakai untuk hal lain kecuali browsing dan baca buku. 

2. Ada Tiga Jenis Kindle yang Bisa Kamu Pilih Sesuai Kebutuhan 

Gadget Kindle memiliki tiga jenis. Ada Kindle Oasis, Kindle Voyage, dan Kindle Paperwhite. Kindle Oasis memiliki bentuk yang tipis dan ringan ketika digenggam. Baterainya tahan lama dan dilengkapi dengan tombol backward yang menambah kenyamanan penggunaan fitur. Kalau Kindle Voyage memiliki sensor cahaya yang lebih adaptif, tapi lebih berat dibandingkan Kindle Oasis. Untuk Kindle Paperwhite dibandrol dengan harga yang lebih murah dengan fitur yang nggak jauh berbeda. 

3. Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya

Pengoperasian gadget Kindle cukup mudah. Ukurannya pas dan bisa dipegang satu tangan karena enteng dan juga tipis. Travel friendly! Waterproofadjustable light, dan penyimpanan luas. Saat dibawa ke luar dengan sinar matahari terik, layarnya nggak susah dilihat. Baterainya juga tahan lama. Kindle juga ada built-in dictionary-nya, lho! Kamu bisa kasih highlight dan note di dalamnya. Well, Kindle cuma support black and white images. Jadi, kurang nyaman untuk membaca graphic novel yang full color.  

4. Pilihan Bacaan yang Luas 

Range pilihan buku di Kindle terbilang sangat luas. Kamu bisa mendapatkan buku di Kindle dengan beberapa cara. Beli di Amazon store, memakai paket Kindle unlimited, hingga meminjam buku dari e-library. E-library di sini adalah perpustakaan yang memiliki layanan pinjaman overdrive dan resmi didukung oleh Amazon. Kalau suka audiobook dari audible, kamu bisa mendengarkannya dengan menghubungkan Kindle ke airpods.

5. E-Readers dan Fitur-fiturnya 

Sudah banyak tersedia aplikasi baca online dengan berbagai fasilitas. Di antaranya iPusnas, Gramedia Digital, Amazon Kindle, Nook, Kobo, Google Play Books, dan Aldiko. Tiap aplikasi menawarkan kemudahan yang beragam. Di iPusnas, kamu bisa baca buku secara gratis dan membagikan informasi tentang buku itu kepada orang lain. Tentu, ada batas peminjamannya. Kalau Amazon Kindle dilengkapi fitur kamus, penulisan catatan, pemberian highlight, serta integrasi dengan sosial media Goodreads. 

Kamu bisa mendapatkan rekomendasi bacaan berdasarkan kurasi para penjual buku di Nook. Termasuk mengatur font, margin, dan spasi biar lebih nyaman saat membaca. Nggak cuma buku, Gramedia Digital menyediakan majalah, tabloid, hingga koran digital. Kategorinya cukup lengkap dan up-to-date. Nggak jarang versi e-book lebih dulu terbit daripada cetaknya. Wah!

Share
Create Your Own Article!