Zetizen.jawapos.com - Siapa yang udah nggak sabar merasakan euforia jadi mahasiswa? Eittts, jangan terpikat dengan tipuan sinetron yang menggambarkan kuliah itu gampang, ya. Kalau ibarat permen, kuliah itu rasanya asam-manis. Jangan terlena dengan manisnya saja, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan sebelum masuk kuliah. Berikut 5 kemampuan yang perlu kamu kuasai untuk survive di kampus. Cekidot!

Manajemen waktu

Walau kelihatan mudah, kemampuan memanajemen waktu ternyata cukup sulit untuk diaplikasikan, lho. Jangan sampai nantinya kamu punya terlalu banyak kegiatan dan bikin diri sendiri keteteran. Memang benar jam perkuliahan lebih fleksibel dari jam sekolah, tapi tugas dan materi yang kamu hadapi akan tiga kali lipat lebih susah. Apalagi, kalau kamu berencana aktif di kegiatan luar akademik. Harus siap-siap atur jadwal agar agenda rapat, kelas, hingga refreshing kamu nggak saling bertabrakan.

Kemampuan beradaptasi

Kemampuan beradaptasi kerap kali disepelekan. Padahal, itu salah satu kemampuan krusial. Terlebih kalau kamu anak rantau. Mulai adaptasi cuaca di daerah yang berbeda, adaptasi dengan penduduk sekitar, adaptasi dengan jadwal kuliah, hingga adaptasi hidup mandiri di kosan. Kalau kamu bisa berbaur dengan lingkunganmu, kamu akan lebih mudah untuk mencari relasi atau meminta bantuan.

Kemampuan komunikasi

Nggak cuma berguna untuk berkomunikasi dengan orang lain, tapi juga membantu dalam perkuliahan dan organisasi. Dengan komunikasi yang bagus, kamu bakal mudah menjawab pertanyaan dosen tanpa berbelit dan jadi mahasiswa yang aktif di kelas. Karena itu, kemampuan ini juga berfungsi menciptakan self-branding atau citra diri. Melalui kemampuan mengolah kata, orang bisa menilai kepribadian kamu.

Kemampuan multitasking

Berbarengan dengan kemampuan manajemen waktu, kemampuan multitasking atau mengerjakan beberapa hal dalam satu waktu akan sangat berguna kalau kamu punya banyak agenda. Nggak cuma ketika sibuk, kemampuan multitasking juga berguna dalam kesempatan sederhana. Misal, saat dosen lagi menerangkan sesuatu dan kamu perlu mencatat materi yang disampaikan. Namun, jangan sampai kamu kewalahan sendiri karena kebanyakan kegiatan, ya. Tetap ukur kemampuan diri kamu agar mental dan kesehatan kamu aman gengs.

 Kemampuan riset

Siapa bilang cuma anak jurusan IPA yang akan bergelut dengan riset? Sebenarnya, hampir semua program studi di perkuliahan membutuhkan kemampuan riset yang bagus, lho. Ketika kuliah, bentuk tugas yang diberikan nggak akan jauh-jauh dari jurnal, laporan, atau essay yang memerlukan kutipan dari penelitian ilmiah. Alhasil, kamu harus pandai mencari dan menganalisis data. Apalagi sebagai mahasiswa, kamu harus lebih teliti dan nggak asal-asalan dalam mengerjakan sesuatu. Sudah nggak bisa asal copy paste dari internet, hihi. (kom/lai)

Share
Create Your Own Article!