Zetizen.jawapos.com - Bicara soal film horor Asia, pasti langsung kepikiran Thailand atau Jepang. Well, dua negara itu emang penghasil film horor populer. Tahun ini, film horor baru berjudul Incantation berhasil mendobrak dunia perfilman Taiwan. Film tersebut terinspirasi dari kejadian nyata pada tahun 2005 di Gushan, Kaohsiung, Taiwan, lho. Kejadian yang menimpa keluarga penganut aliran sesat itu sempat menjadi histeria massa.

Film yang terinspirasi dari kisah nyata selalu bisa menambah unsur seram tersendiri. Incantation membawa penonton menyelami perjalanan singkat Li Ronan melalui potongan rekaman videonya. Enam tahun lalu, Ronan bersama teman dan pacarnya melanggar suatu tabu. Setelah kejadian itu, satu persatu kejadian ngeri menimpanya. Ronan bahkan menitipkan anaknya di panti asuhan sejak lahir.

Ronan kemudian memutuskan untuk berobat dan setelah 6 tahun, akhirnya dia memberanikan diri untuk membawa pulang anaknya. Namun, sejak Dodo kembali di kehidupan Ronan, satu persatu keanehan kembali terjadi. Ronan pun bertekad untuk mencari cara menyelamatkan ia dan anaknya dari kutukan tersebut.

Dari menit pertama, film ini sudah bikin bulu kuduk berdiri. Nggak banyak jumpscare dan bertele-tele, Incantation lebih mengajak penonton untuk mempertanyakan pikirannya. Dengan begitu, kejadian yang dialami Ronan terasa lebih real. Alih cuma menonton kejadian yang menimpa Ronan, kamu juga akan ikut mikir cara menyelamatkan anaknya.

Selain alur cerita yang apik, akting para pemain juga luar biasa. Ronan yang diperankan oleh Tsai Hsuan Yen punya chemistry yang baik dengan Dodo yang diperankan oleh Huang Sin Ting. Penonton bisa merasakan seberapa besar rasa sayang Ronan sebagai ibu terhadap anaknya dan pengorbanan yang dia lakukan agar anaknya selamat.

Film garapan Kevin Kho ini menjadi film horor Taiwan dengan penjualan terbanyak sepanjang masa. Incantation sudah bisa kamu tonton di Netflix mulai 8 Juli 2022. Buat kamu penikmat horor found footage seperti The Blair Witch Project (1999) dan As Above So Below (2014), Incantation bakal cocok untukmu. Pokoknya, worth to watch deh! (elv/lai)

Share
Create Your Own Article!