Zetizen.jawapos.com - Memilih sebuah program studi saat kuliah harus melalui pertimbangan yang matang, kawan! Jangan sampai kamu asal capcipcus karena terbawa arus lingkungan sekitar atau sekadar coba-coba. Pasti pernah dengar keluhan salah jurusan, kan? Sudah terlanjur nyebur tapi baru merasa basah, repot deh.

Nah, buat kamu yang saat ini masih duduk di bangku SMA, this is your chance! Sebelum menjatuhkan pilihan ke salah satu program studi yang akan kamu jalani selama kurang lebih 4 tahun. So, ada baiknya kamu melakukan beberapa hal ini agar terhindar dari petaka salah jurusan. Yuk, simak!

Kenali mata pelajaran yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu!

Walaupun materi yang diajarkan di kuliah lebih rumit dari pelajaran SMA, masing-masing program studi tetap punya dasar pembelajaran yang masih relevan dengan yang kamu pelajari saat SMA. Misalnya, prodi ilmu komunikasi sangat terikat dengan pelajaran sosiologi, atau prodi kedokteran yang terikat dengan pelajaran biologi. So, penting bagi kamu untuk tahu dimana letak kelebihan dan kekurangan kamu dalam seluruh mata pelajaran.

Survei mata kuliah

Nggak cuma survei jarak kampus ke rumah aja, melakukan penelusuran mengenai mata kuliah apa saja yang akan diajarkan dalam prodi pilihan kamu juga sama pentingnya. Masih banyak orang yang terkejut ketika mengetahui bahwa ada cakupan materi tertentu yang harus dipelajari di program studi pilihannya. Jangan sampai itu terjadi padamu ya. Pastikan kamu memahami 100% dasar-dasar pembahasan yang akan dipelajari.

Cari tahu prospek kerjanya

Mengetahui prospek kerja suatu prodi itu nggak cuma berguna untuk menjawab pertanyaan “nanti lulusnya jadi apa?” ketika kumpul keluarga. Namun, juga berguna sebagai panduan kamu untuk menata rencana masa depan dan menentukan goals. Kini sudah banyak sekali bidang pekerjaan yang bisa kamu coba. Jadi, kamu perlu memastikan prodi pilihan kamu bisa mengantarkan ke ranah pekerjaan yang sesuai dengan kehendak dan passion kamu selama ini.

Riset kebutuhan yang harus dipenuhi

Program studi satu dengan lain tentu memiliki kebutuhan yang berbeda. Kamu perlu memastikan kalau kamu nggak akan kesulitan memenuhinya. Misalnya, bagi prodi DKV butuh device yang bisa mendukung aplikasi digital illustration sekaligus cara mengoperasikan aplikasi tersebut. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa melakukan persiapan lebih matang.

Kalau keempat hal di atas sudah kamu lakukan, tapi kamu masih ragu, coba cari beberapa program studi yang cakupan pembahasannya hampir sama dengan pilihan pertamamu dan bandingkan keduanya. Dengan begitu, kamu bisa menemukan jurusan yang sesuai. Sama seperti pujaan hati, jurusan yang pas juga harus dicari, hihi. (kom/lai)

Share
Create Your Own Article!