Zetizen.jawapos.com - Tahu nggak sih sampah itu nggak hanya dari limbah rumah tangga aja, lho. Produk kecantikan yang kamu pakai seperti skin care dan make up juga bisa menyumbang sampah. Nah, biar nggak menumpuk dan merusak lingkungan, yuk lebih aware dalam mengelola sampah produk kecantikan. Berikut hal-hal yang perlu kamu perhatikan, take a note!

Kenali Simbol Daur Ulang 

Kamu bisa mencari informasi soal logo daur ulang agar bisa mengolahnya dengan benar. Sebagian besar logo daur ulang juga disertai dengan tulisan untuk membantu kamu mengenalinya. Misalnya, PETE yang berarti plastik tersebut terbuat dari Polyethylene Terephthalate, atau PEHD yang terbuat dari high-density Polyethylene. Jenis plastik itu cukup aman digunakan berulang kali.

Bersihkan Kemasan Sebelum Didaur Ulang

Sebelum kemasan diserahkan ke tempat daur ulang, pastikan kamu sudah membersihkan produk yang masih tersisa. Sebab, sisa residu bisa mengontaminasi kemasan dan membuat kemasan nggak bisa didaur ulang. Kamu bisa mencucinya dengan air hangat dan sabun. Oh ya, bagian aplikator, semprotan, dan pump jangan lupa dipisahkan, ya!

Memanfaatkan Sisa Produk

Gampang bosan sama shade make up kamu? Eitss, jangan langsung dibuang! Kamu bisa manfaatkan produk yang tersisa untuk merias bagian lain. Misalnya, menggunakan lipstick sebagai blush on. Aplikasikan sedikit di area tulang pipi kemudian ratakan dengan tangan atau beauty blender. Bisa juga menggunakan eyeliner untuk membuat eyeshadow, atau lip balm untuk brow wax.

Pilih Produk Ramah Lingkungan

Cara terakhir adalah dengan membeli produk make up yang ramah lingkungan. Kamu juga bisa membeli wadah kosmetik yang dapat diisi ulang agar bisa terus dipakai dan nggak menjadi sampah dalam sekali pakai. Selain itu, banyak brand kosmetik yang sudah menyediakan tempat untuk mengembalikan kemasan bekas untuk di-recycle. (elv/lai)

Share
Create Your Own Article!