Zetizen.jawapos.com - HIMA  Biologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akhirnya kembali menggelar event tahunan yang paling dinanti, yaitu Biological Opus Fair (BOF) 2022. Kali ini, BOF mengusung tema The Deep of The Sea, The More What You See”. Sebab, Indonesia dikenal sebagai negara maritim sehingga kegiatan ini diharapkan dapat membuka mata masyarakat terkait kondisi dan potensi perairan nusantara. 

"BOF yang ke-15 ini menjadi pembuka kegiatan per-offline-an. Terutama, untuk kegiatan olimpiade dan kompetisi, setelah pandemi yang muncul di awal 2020 lalu. Jadi, kami harap para pelajar bisa semangat lagi untuk menggapai prestasi, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. Salah satunya melalui OBI (Competition of Biology ITS) dan BITS Cinematography," ujar Danang Samudra selaku Ketua Divisi Publikasi BOF XV.  

BOF akan hadir dengan dua sub kompetisi, yaitu Kompetisi Biologi ITS (OBI) dan BITS Cinematography. OBI merupakan kompetisi biologi bagi siswa SMP dan SMA sederajat yang dikemas sesuai standar OSN dan ON MIPA. Pssttt... spoiler! Materi yang diujikan mengacu kepada silabus International Biology Olympiad (IBO). Sebagian besar pertanyaan yang diujikan berfungsi untuk menguji pemahaman siswa, kemampuan analisis berproses secara saintifik, dan aplikasi pengetahuan biologi.

Nantinya akan ada beberapa tahapan. Mulai dari babak penyisihan, semifinal, dan final. Sub-kompetisi OBI dilaksanakan secara hybrid, yaitu online pada babak penyisihan dan semifinal, offline pada babak final dan field trip. Menariknya, field trip OBI bakal diadakan di luar kota. 

Nah, kalau BITS Cinematography adalah kompetisi sinematografi dalam bentuk iklan layanan masyarakat. Karya sinematografi yang dilombakan harus sesuai dengan tema besar OBF. Sub-event baru BOF itu terbuka untuk masyarakat umum dengan rentang usia 16-24 tahun, lho. Terdapat tiga tahapan yang seluruhnya diadakan secara online.  Mulai tahap pendaftaran dan produksi, babak penyisihan, hingga babak final. 

Penilaian BITS Cinematography berdasarkan ide atau gagasan yang kreatif, kesesuaian tema, dan video paling komunikatif, informatif, edukatif, dan unik. Well, pendaftaran OBI dan BITS Cinematography masih dibuka, lho. Buat kamu yang jago bikin  video iklan layanan masyarakat dalam waktu singkat, masih ada kesempatan untuk ikutan BITS Cinematography sampai 1 Agustus. Jangan sampai kelewatan, ya! 

"Selain mengasah kemampuan, peserta nanti akan diajak untuk mengeksplore laut Indonesia. Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia 70% wilayahnya terdiri atas lautan. Tentu, dari situ kekayaan alam yang sudah teridentifikasi dan belum sangat banyak. Peserta juga akan bersenang-senang lewat FnF atau Fruit Night Festival, yaitu pesta buah durian yang menjadi ciri khas dari subevent ini sejak awal BOF diadakan," tandas Danang. 

Yuk, buruan daftar OBI sebelum tanggal 13 Agustus dan jangan lupa ikutan try out yang disediakan panitia untuk melatih kemampuan kamu! Kalau pengin tahu lebih lanjut tentang OBF, kamu bisa cus kepoin media sosial mereka di Instagram @biologicalopusfair dan @bof_its di Twitter. BOF juga hadir melalui laman web yang bisa kamu akses di www.bofits-xv.com. Go learn, explore, and have fun together in BOF XV 2022! (kom/lai)

Share
Create Your Own Article!