Zetizen.jawapos.com - Sutradara sekaligus produser ternama dari negeri matahari terbit, Hirokazu Koreeda, comeback di 2022 dengan film drama naratifnya yang ciamik. Film berjudul Broker itu menjadi debut pertama Koreeda dalam menyutradarai film Korea. Karyanya itu bahkan sukses menyabet penghargaan Juri Ekumenis untuk film terbaik di Festival Film Cannes 2022.

Broker memperoleh standing ovation terlama di ajang Cannes. Film itu diperankan sederet aktor dan aktris papan atas Korea seperti Song Kang-Ho, Gang Dong-Won, Bae Doona, hingga IU. Broker mengisahkan seorang ibu dan kedua broker (sebutan untuk perantara dalam suatu bisnis) yang berusaha menjual seorang bayi. Namun, hal itu malah semakin menguatkan jalinan ikatan ketiganya. Dalam perjalanan mereka, ada dua polisi yang selalu mengikuti untuk tujuan investigasi, yang secara tak sadar juga akan menjadi bagian penting dari cerita.

Berangkat dari premis yang sederhana, tapi unik. Broker berhasil menyuguhkan drama emosional lambat yang menghanyutkan. Ditambah dengan pengambilan gambar ala Koreeda yang tenang dan eksploratif, penonton akan dimanjakan visual pinggiran kota Korea selama film berlangsung. Tidak hanya dalam hal pengambilan gambar, emosi penonton juga akan dipermainkan lewat dialog sederhana dan akting pemain. Tak heran jika Song Kang-Ho membawa pulang piala Aktor Terbaik di ajang penghargaan film Cannes. Performanya di film ini benar-benar top markotop!

Broker menjadi salah satu film yang wajib kamu tonton tahun ini. Selain karena bisa masuk ke kompetisi film internasional bergengsi, Broker juga membawa kedekatan tema dengan banyak isu sosial penting di kehidupan sehari-hari. Mulai child trafficking, aborsi, hak perempuan, hak asuh, hingga parenting yang dikemas jadi satu dalam durasi dua jam. Film satu ini akan menuntun kamu ke banyak pergulatan pikiran: Apakah aborsi lebih baik dari penelantaran anak? Apakah sebuah tindak kriminal yang menguntungkan korban juga membuat pelaku menjadi seorang penjahat? Dan apakah sebuah keluarga harus terikat dengan hubungan darah?

Durasinya yang cukup lama dan alurnya yang cenderung lambat membuat Broker nggak bisa dinikmati oleh semua orang. Terlebih kalau kamu tipe yang gampang bosan, bisa-bisa tertidur di pertengahan film. Meski beberapa adegan memang meninggalkan kesan yang membekas, tapi beberapa adegan lain bikin penonton kebingungan. Dialog minimalis yang dipenuhi dengan kiasan memang menjadi ciri khas karya Koreeda. Hal itu membuat penonton harus benar-benar memperhatikan alur dialog. Miss sedikit saja kamu nggak akan menangkap maksud percakapannya.

Terlepas dari hal tersebut, Broker sangat sayang untuk dilewatkan. Kamu harus merasakan sensasi lika-liku emosional yang relate dengan kehidupan sehari-hari melalui film ini. Coba tonton, dijamin air mata bisa sederas air terjun. Jangan lupa siapkan tisu, ya! Happy watching. (kom/lai)

 

Share
Create Your Own Article!