Zetizen.jawapos.com - Kompetisi Bahasa Inggris International Relation Competition (IREC) untuk pelajar SMA/sederajat tengah dibuka. Kompetisi bahasa Inggris tingkat ASEAN itu digelar oleh program studi Hubungan Internasional (HI) Universitas Gadjah Mada (UGM). Dengan mengusung tema Fostering International Collaboration for Strengthening and Sustaining Global Peace, Korps Mahasiswa HI UGM mengajak para peserta untuk meningkatkan wawasan dan kepedulian tentang isu perdamaian global yang berkelanjutan di wilayah ASEAN.

“Tahun ini, kami menginisiasi perluasan jangkauan kompetisi pada tingkat ASEAN sehingga para peserta dapat bersaing dengan peserta lain secara lintas negara,” ungkap Tegar Pulung Subhiksa selaku ketua pelaksana IREC 2022. Kalau kamu merasa menguasai bidang bahasa Inggris, event satu ini bisa menjadi ajang menguji sekaligus mengasah kemampuan kamu. 

Kompetisi tahunan itu terdiri atas lima cabang lomba. Ada debate, speech, story telling, news casting, dan short story writing. Masing-masing mata lomba akan dilaksanakan secara daring mulai 9 September sampai 11 September 2022. Nggak tanggung-tanggung, pemenang IREC 2022 akan membawa pulang total hadiah senilai 2000 US Dollar atau sekitar 30 juta rupiah.

Selain hadiahnya yang menggiurkan, kamu juga akan mendapat banyak benefit lain dengan mengikuti IREC. Di antaranya, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di lingkungan yang challenging, memperluas relasi dan peluang dalam jangkauan ASEAN, mendapatkan pelatihan untuk mempersiapkan IELTS, mengisi waktu di rumah dengan kegiatan yang produktif, serta berpikir kritis dan peduli terhadap isu hubungan internasional. Wah, banyak banget!

“IREC memberikan kesempatan untuk berkembang dalam kefasihan berbahasa Inggris secara langsung, bersama individu-individu lain yang sama inovatif dan giatnya seperti kamu! IREC 2022 juga membahas topik-topik high-stakes di bidang ekonomi-politik. Kamu dapat menyuarakan pendapat kamu di ruang yang suportif, inovatif, dan internasional,” tutur Teguh.

Nah, untuk memantapkan diri mengikuti IREC 2022, ada beberapa hal yang bisa kamu siapkan dari sekarang. Pertama, membaca informasi mengenai teknis dan sistem IREC 2022 secara saksama melalui Instagram @irec_ugm. Kamu juga bisa melihat dokumentasi IREC tahun sebelumnya yang ada di YouTube untuk memperoleh gambaran mengenai jalannya kompetisi. Berikutnya, mengumpulkan dan mempelajari artikel yang berhubungan dengan isu perdamaian global, kemudian menuliskan beberapa ide atau poin-poin kreatif yang bisa dikembangkan untuk keperluan lomba.

“IREC 2022 menawarkan pengalaman kompetisi bahasa Inggris yang berbeda dari kompetisi sejenis. Pasalnya, partisipan tidak hanya dituntut untuk memaksimalkan kemampuan bahasa Inggris saja, tetapi juga kemampuan berpikir kritis dalam menanggapi dan meresolusi suatu topik atau konflik,” imbuh Shafa Amani Anargya Pragiwaka, Wakil Ketua IREC 2022.

Ada juga program Mentorship Class berupa sesi mentoring yang dipimpin oleh ahli sehingga kamu bisa meningkatkan pengetahuan dan soft-skill. Pendaftaran Mentorship Class akan dibuka hingga 15 Agustus, don’t miss it! Yuk, segera daftarkan dirimu di IREC 2022. Informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan dari Instagram @irec_ugm. See you there! (kom/lai)

Share
Create Your Own Article!