Zetizen.jawapos.com – Kemampuan berbahasa Inggris menjadi salah satu skill yang penting untuk dikuasai. Nggak cuman sebagai penunjang akademik, tetapi juga berguna di dunia kerja. Sayangnya, nggak semua orang tumbuh di lingkungan yang familiar dengan bahasa Inggris. Karena itu diperlukan latihan ekstra untuk bisa memahami dan mendalami bahasa internasional tersebut.

Dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni, kamu mempunyai peluang lebih besar untuk melebarkan sayapmu. Mulai dari apply beasiswa luar negeri, mendaftar perusahaan luar negeri, hingga mempelajari literatur tambahan dari sumber berbahasa Inggris. Yuk, simak empat tips mengasah skill bahasa Inggris berikut! Practice makes perfect, right?

Biasakan membaca bacaan berbahasa Inggris bukan terjemahan

Hayo siapa yang sukanya baca buku terjemahan? Well, kamu bisa mulai mencoba membaca bacaan berbahasa Inggris untuk memperkaya kosa katamu. Kalau ada kata yang nggak kamu ketahui artinya, segera tulis dan cari terjemahannya. Mulailah dari bacaan ringan seperti cerita pendek atau artikel dari internet. Membaca sebuah teks juga membantu kamu untuk mengetahui susunan kata yang benar, grammar, dan cara penulisannya.

Rajin nonton film western

Mungkin terdengar agak klise, tapi menonton film berbahasa Inggris akan membantumu  terbiasa dengan pengucapan dan intonasinya. Kamu bisa menyimak cara berbicara para aktor dan aktris dalam filmn untuk kemudian kamu praktekkan sendiri. Tips tambahan! Coba sesekali gunakan subtitle berbahasa Inggris untuk lebih memudahkan kamu menangkap apa yang dilafalkan dalam film. Selain itu, subtitle Bahasa Inggris juga membuat kamu bisa memahami konteks penempatan kata.

Gabung komunitas yang membantu

Saat ini semakin mudah menemukan komunitas di berbagai bidang secara online. Nah, ada baiknya kamu gunakan kesempatan itu untuk menemukan komunitas yang bisa membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Misalnya, untuk mengasah skill speaking, kamu bisa join komunitas di platform Discord, platform tersebut memungkinkan seseorang untuk bisa memulai percakapan dengan orang asing dalam satu komunitas yang sama.

Berlatih menulis dalam bahasa Inggris

Nggak perlu malu untuk menunjukkan kemampuan kamu dalam Bahasa Inggris. Coba sesekali tantanglah dirimu untuk menulis caption atau status berbahasa Inggris. Jangan takut salah, everybody makes mistake. Menulis dalam bahasa Inggris akan membuat kamu terbiasa menyusun atau merangkai kata. Termasuk meningkatkan krativitas kamu dalam berbahasa. Kamu bisa menggali lebih jauh mengenai slang atau kiasan yang sering keluar dalam suatu percakapan dan mengaplikasikannya ke dalam tulisan kamu. (kom/lai)

Share
Create Your Own Article!