Zetizen.jawapos.com - Kemampuan berbicara di depan umum menjadi salah satu skill yang wajib dimiliki. Masalahnya, nggak semua orang punya kepercayaan diri yang tinggi untuk ngomong di depan banyak orang. Mulai dari grogi sampai kesulitan menyusun kata. Nah, kalau kamu mau keluar dari zona nyaman dan mau belajar public speaking, simak cara-cara berikut!

Buat poin-poin topik secara sederhana

Salah satu hal yang paling sulit ketika berbicara di depan umum adalah menentukan poin apa saja yang akan disampaikan. Untuk menghindari kerancuan, kamu bisa menulis pokok-pokok dari topik keseluruhan sehingga lebih sistematis dan runtut dalam menyampaikannya. Cara satu ini ampuh digunakan kalau kamu akan mengikuti lomba yang berkaitan dengan public speaking seperti pidato dan debat. Jangan lupa untuk pelajari dan kuasai topik yang akan kamu sampaikan, ya!

Latihan ngomong di depan cermin atau kamera

Walaupun terdengar seperti ide konyol, berbicara di depan refleksi diri bisa membantu mengevaluasi bahasa tubuhmu saat berbicara. Kalau kamu merasa melakukan terlalu banyak gerakan mengganggu, seperti kibasan tangan atau anggukan kepala, kamu bisa meminimalkannya di kesempatan latihan berikutnya. Melihat refleksi diri sendiri juga bisa membantumu mengontrol ekspresi agar lebih sesuai dan nggak tegang.

Merekam diri saat berbicara

Merekam diri saat berbicara bisa membantu mengetahui letak kekurangan. Misal, terlalu sering melakukan pengulangan atau pemberhentian kata. Coba tentukan topik spesifik yang bisa kamu bicarakan dan rekam menggunakan gadget sehingga kamu bisa memutarnya sewaktu-waktu. Dengan begitu, dijamin kamu mudah mengevaluasi kemampuan berbicaramu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ikut lomba yang terkait public speaking

Semua perjalanan dimulai dari langkah kecil. Karena itu, jangan takut untuk mengikuti kompetisi yang bisa mengasah kemampuan berbicara di depan umum. Beberapa cabang lomba yang bisa kamu coba seperti lomba pidato, debat, storytelling, news anchor, dan banyak lagi. Di sana, kamu akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki kemampuan public speaking yang setara bahkan lebih. Hal itu bisa menjadi bahan acuan agar kamu menjadi lebih baik ke depannya. (kom/lai)

Share
Create Your Own Article!