Zetizen.jawapos.com – Saat seseorang curhat, sebetulnya dia hanya ingin didengarkan. Eitts, jangan hanya menjadi pendengar yang baik. Kamu juga perlu memberikan validasi dan mengakui bahwa perasaannya itu penting.

Dalam sebuah hubungan yang sehat, penting untuk memvalidasi perasaan terutama ketika teman sedang curhat. Ingat, validasi nggak melulu berarti setuju dengan perasaan atau pilihan orang yang sedang curhat, tapi mengakui emosinya. Gimana sih caranya memberikan validasi yang baik? Yuk cari tahu!

Mendengar dan Memberikan Respons

Validasi dimulai dari mendengarkan. Berikan respons verbal ketika temanmu bercerita, seperti ‘oh begitu’ atau ‘uh-huh’. Selain respons verbal, berikan juga gerakan non-verbal yang menunjukkan kalau kamu benar-benar memperhatikan. Tatap matanya dan hentikan sejenak kegiatan lain yang sedang kamu lakukan. Berikan respons yang sesuai dengan mood dan energy level lawan bicara. Kalau temanmu sedang excited karena diajak doi jalan, berikan respons yang positif juga, ya.

Saling Berempati

Setelah teman kamu menceritakan perasaannya, coba bantu mereka untuk mengeksplor lebih tentang apa yang mereka rasakan. Tanyakan bagaimana perasaan dia dan coba ingat pengalaman serupa yang pernah kamu alami untuk dibagikan. Kalau kamu pernah mengalami pengalaman serupa, kamu masih bisa memvalidasi perasaannya dengan bilang “aku rasa sebagian besar orang akan merasakan hal yang sama di situasi seperti itu.”

Menghindari Respons yang Nggak Tepat

Pertama, kamu perlu ingat untuk tidak mengoreksi pemikiran seseorang. Apalagi saat mereka sedang marah atau sedih. It’s okay, kalau kamu nggak setuju, kamu bisa berbicara setelah emosinya mereda. Kedua, alih langsung memberikan saran seperti “lihat sisi baiknya aja” atau “nggak usah dipikirin”, coba tanya dulu apakah temanmu itu butuh saran atau hanya ingin didengarkan saja. Sebelum memberikan validasi, beri dia kesempatan untuk mengeluarkan emosi dan memproses perasaannya. Baru setelahnya tanyakan bagaimana kamu bisa membantu.

 

 

Share
Create Your Own Article!