Bahan food bodybuilding ala India. Foto: Indianbodybuilding  

 

Zetizen.com – Lagi serius pengin membentuk tubuhmu? Selain intensif menjalankan physical exercise, tentunya kamu juga harus menjaga pola makan, guys. Maksudnya bukan makan sehari sekali kayak cewek-cewek yang lagi diet loh. Melainkan, memilih bahan makanan kaya gizi tertentu untuk menunjang aktivitas bodybuilding. Ternyata bangsa Hindi dari India sudah menerapkan food bodybuilding sejak puluhan tahun lalu. 

Sejak dulu, kushti atau gulat tradisional India merupakan olahraga yang populer di daerah pedesaan sana. Untuk membentuk otot para pegulat, orang India mengandalkan food body-building. Yep, orang Hindi memilih makanan  bergizi untuk dikonsumsi pegulat. Hingga kini makanan penunjang bodybuilding ala India masih diterapkan dan diadaptasi oleh berbagai program diet.

Kushti atau gulat tradisional India. Foto: bdstudiotravel

 

Food body-building ala India sangat mengutamakan karbohidrat kompleks seperti beras merah, oatmeal, dan gandum. Porsi asupan karbo at least 50 persen dari total kalori yang masuk ke tubuh. Porsi asupan protein juga harus gede, yakni 25-30 persen dari total pemasukan kalori. Sumber protein yang dianjurkan adalah putih telur, produk susu, ayam tanpa kulit, dll. Ciri khas food bodybuilding ala India adalah keseimbangan nutrisi. So,  lemak, vitamin, dan air juga harus tercukupi.

Kerennya, pola makan ini juga bisa diterapkan oleh para vegetarian loh. Jadi bukan nggak mungkin seorang vegan bikin tubuhnya in shape. Vegan yang menjalankan food bodybuilding ala India dianjurkan memakan gingseng India yang meningkatkan produksi hormon testosteron, asparagus yang kaya serat dan vitamin, selai kacang, pisang, dll. (fitnessrockers/thefitindian/sam)

 

Share
Create Your Own Article!