Zetizen.com –  Siapa bilang bumi sudah penuh sesak? Nyatanya, planet kita masih punya spot-spot superindah yang belum terjamah manusia. Gimana ya rasanya tinggal di hidden paradise ini? (dhs/sam)

 

Tristan da Cunha  

Di Bumi ini masih punya lokasi yang bersahabat namun masih belum terjamah seperti Tristan da Cunha. Pulau ini ditemukan oleh penjelajah Portugis Tristao da Cunha pada tahun 1506 yang letaknya masih berada di teritori laut Inggris. Cuaca di sana nggak ekstrem sehingga nyaman-nyaman saja buat dihuni manusia. Musim panas di sana terjadi pada Desember dan Maret dan sisanya adalah musim dingin. Sayangnya akses ke Tristan da Cunha sangat susah, yakni 2400 km dari daratan terdekat, Afrika Selatan, dan hanya ditinggali oleh 300 orang. Pulau itu disebut sebagai pulau paling terpencil di dunia.

 

Papua Nugini

Ini nih yang lokasinya dekat dengan Indonesia. Papua Nugini dipercaya para ilmuwan punya banyak sumber daya alam seperti spesies tanaman dan hewan yang belum pernah diteliti. Sayangnya, eksploitasi sumber daya alam di sana terhambat oleh medan yang susah ditempuh, sistem hukum yang ribet, dan tingginya biaya pengembangan infrastruktur. Akibatnya, banyak bagian di negara ini belum terjamah.

 

Fiordland, Selandia Baru

Pembangunan infrastruktu di Fiordland sangat minim. Akibatnya, sangat jarang manusia yang memilih menjadi penduduk permanen di sana. Padahal pemandangan alam di Fiordland sangat luar biasa indah oleh gletser dan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Bahkan karena arus udara disana bertiup lurus dari Antartika, udara Fiordland merupakan salah satu yang terbersih di planet ini loh. Diversitas fauna di sana juga  menarik,bahkan burung takahe yang dinyatakan telah punah, ditemukan lagi di Fiordland.  Makanya Fiordland dibuka pemerintah Selandia Baru sebagai taman nasional.

 

 

Share
Create Your Own Article!