Are You a Zetizen?
Show Menu

Bodybuilding: Work Out Aja Nggak Cukup Loh!

Zetizen Zetizen 10 Apr 2016
Bodybuilding: Work Out Aja Nggak Cukup Loh!

Zetizen.com - Mulai film sekelas Neighbors (2014) sampai Avengers: Age of Ultron (2015), semua pemain utamanya punya bentuk badan yang oke banget. Nggak cuma ideal, tapi juga berotot dan sehat. Nggak heran deh kalau makin lama bodybuilding nggak cuma dilakukan orang dewasa. Anak-anak muda generasi Z juga berlomba-lomba membentuk badan loh, baik cowok maupun cewek.

Hampir tiap hari ada aja anak muda yang memenuhi gym dan tempat olahraga lain. Tapi, tahu nggak sih, menurut Jansen Ongko, fitness & health educator, rutin workout aja nggak cukup buat mencapai bentuk badan ideal. ’’Workout hanya membantu merusak inti sel. Untuk hasil optimal, otot butuh protein, satu-satunya zat gizi yang diperlukan otot,’’ terang Jansen. Dia mengungkapkan, sebenarnya olahraga yang ideal nggak dilakukan setiap hari. Tapi tiga sampai empat kali dalam seminggu.

Protein yang cukup akan membantu memelihara jaringan otot dan meningkatkan pemulihan dari latihan angkat beban yang berat. Lalu, boleh nggak sih mengganti asupan gizi itu dengan suplemen atau sejenis whey protein? Menurut Jansen, program bodybuilding sebaiknya dilengkapi dengan mengonsumsi makanan alami. Selain lebih ekonomis, makanan alami memiliki lebih banyak kandungan gizi.

’’Jika terpaksa menggunakan suplemen, ya tidak ada masalah. Asalkan masih disertai dengan protein dan mineral. Tapi, perlu diingat, jangan menjadikan suplemen sebagai makanan utama. Sebab, sebenarnya suplemen adalah makanan pendamping,’’ tuturnya. (fri/c14/rat)

 

 

Apa Yang Perlu Dikonsumsi?

Protein emang menjadi zat gizi utama yang diperlukan untuk program bodybuilding-mu. Tapi, buat mendapat bentuk badan ideal ala selebriti yang sering kamu lihat di TV, kamu juga harus memenuhi kebutuhan karbohidrat dan lemak serta istirahat yang cukup. Yuk, simak penjelasan Jansen Ongko berikut ini! (fri/c23/rat)

Protein

Did you know? Protein adalah satu-satunya zat pembangun otot yang punya pengaruh besar. Tanpa protein, olahraga berat yang dilakukan secara rutin nggak bakal membuahkan hasil maksimal. Dalam sehari, remaja harus mengonsumsi protein 1–1,5 kali lipat dari berat badan. Misalnya, berat badanmu 50 kg. Artinya, kamu harus mengonsumsi sekitar 75 gram protein.

Wajib dikonsumsi: Susu atau telur (saat pagi).

 

Karbohidrat

Zat ini penting banget sebagai sumber tenagamu untuk beraktivitas, guys. Tanpa karbohidrat yang cukup, protein otomatis akan menggantikan tugasnya. Nggak mau dong tugas utama protein sebagai pembangun otot terbengkalai? Sumber karbohidrat yang cepat diserap untuk pembentukan otot adalah roti putih, whey protein shake, dan jus buah. Jangan lupa isi setengah piringmu dengan karbohidrat dan 1/3-nya protein.

Wajib dikonsumsi: Nasi, kentang, gandum, pasta.

 

Lemak

Dalam proses bodybuilding, lemak berperan penting sebagai penyerap gizi dan pelindung organ-organ dalam tubuh. Tapi, tubuh hanya perlu sekitar 20 persen kandungan lemak buat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, cairan tubuhmu harus terpenuhi dengan mengonsumsi minimal 30 ml dari berat badan (tanpa olahraga). Sebab, air membantu mengontrol nafsu makan dan air dingin dapat meningkatkan metabolisme.

Wajib dikonsumsi: Kacang-kacangan, avokad, keju, dan susu.

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article