Zetizen.com – Rumah bersejarah tempat kelahiran pemimpin rezim Nazi Jerman, Adolf Hitler akan segera dimiliki oleh Pemerintah Austria. Meski Hitler hanya tinggal beberapa minggu setelah kelahirannya, tampaknya rumah itu menarik perhatian simpatisan neo-Nazi. Nggak mau gerakan itu berkembang, pemerintah Austria mengambil langkah tegas untuk mengambil alih rumah itu.

Sebelumnya, rumah itu disewa pemerintah sejak 1972 untuk tempat perawatan difabel. Namun, kegiatan sosial di bangunan tersebut terhenti sejak munculnya sengketa antara pemilik rumah Gerlinde Pommer dan pemerintah pada 2011.  Sejak dikosongkan, rumah menarik perhatian simpatisan neo-Nazi untuk ke sana. Warga di sekitar bahkan melihat turis dari Perancis dan Italia datang khusus untuk melihat rumah itu.

“Kami telah mencapai kesimpulan bahwa mengambil alih rumah itu adalah satu-satunya cara menghindari bangunan itu digunakan untuk tujuan Nazi," ujar juru bicara kementrian Karl-Heinz Grundboeck kepada kantor berita AFP.

Setelah diambil-alih, muncul sejumlah usulan untuk merenovasinya menjadi flat, pusat pendidikan, museum atau sebuah gedung pusat untuk menghadapi rezim Nazi. Bahkan, Rusia berniat membelinya untuk kemudian diledakkan.

Rezim Nazi yang dipimpin Hitler menjadi rezim dengan kepemimpinan terburuk sepanjang sejarah. Jutaan orang, mayoritas berkebangsaan Yahudi dibunuh dalam peristiwa Holocaust. (bbc/quartz/ndy/sam)

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!