Are You a Zetizen?
Show Menu

The Ever Expanding Fighting Game

Zetizen Zetizen 13 Apr 2016
The Ever Expanding Fighting Game

Zetizen.com - Sebagai salah satu genre game paling populer sejak era arcade, fighting game terus berkembang kedalam banyak subgenre. Banyaknya elemen tambahan yang ditambahkan pada akhirnya menciptakan berbagai jenis dan judul fighting game baru. Beberapa goes the extra miles buat menambahkan elemen gameplay yang benar benar beru. Penasaran? Cek yang berikut! (giv)

 

Story Mode yang Unik

Mortal Kombat X (foto:youtube)

Banyak yang berpendapat kalau sebuah fighting game sebenarnya sama sekali nggak membutuhkan storyline. Selain karena setiap sesi fighting selalu merupakan sesi terpisah, karakter yang terlalu banyak dianggap menyulitkan pembuatan cerita. But not until Street Fighter dan Mortal Kombat mulai memperkenalkan story mode dalam gameplay mereka. Bahkan, hingga saat ini, adanya storyline yang kongkrit sering jadi pertimbangan banyak gamer untuk terus mengikuti seri terbaru setiap game.

Contoh: Street Fighter, Mortal Kombat

 

3D Style Combat

Persona 4 Arena (foto: gamespot)

Mengikuti perkembangan teknologi digital, fighting game pun tampil makin menarik. Nggak heran kalau berbagai adaptasi visual pun jadi salah satu segi pengembangan yang paling ditekankan. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan penggunaan 3D gameplay. Emang sih, banyak orang yang berpendapat fighting game justru punya ciri khas saat dimainkan dalam point of view 2D klasik. Tapi nyatanya, popularitas fighting game 3D justru makin meledak dari hari ke hari.

Contoh: Persona 4 Arena

 

Adaptasi Serial Film dan Anime

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm (foto: youtube)

Saking serunya, banyak film maupun anime yang akhirnya diadaptasi kedalam fighting game. Tentunya selain lebih akrab dengan para pemainnya, fighting game jenis ini juga jadi lebih cepat populer. Nggak hera kalau fighting game berbasis film atau anime semacam ini biasanya punya lineup seri yang banyak dan terus diperbarui.

Contoh: Marvel Contest of Champions, Naruto fighting game series, Gundam: Battle Assault series, Marvel vs. Capcom 3: Fate of Two Worlds

 

 

Customizable Character

Dead or Alive 5 (foto: polygon)

Meski bukan jadi hal yang terlalu istimewa, karakter yang dapat ‘didandani’ sesuai keinginan ternyata juga punya appeal yang nggak kalah menarik. That’s why, saat ini banyak fighting game yang memberikan fitur ini bagi para pemainnya. Beberap abahkan membebaskan pemain untuk membuat karakter yang benar benar baru dengan statistik yang udah ditentukan.

Contoh: Dead or Alive 5, Soul Calibur 5

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article