Are You a Zetizen?
Show Menu

Indonesian Fashion Chamber: Kesempatan Lebar bagi Desainer Muda

Zetizen Zetizen 18 Apr 2016
Indonesian Fashion Chamber: Kesempatan Lebar bagi Desainer Muda

Zetizen.com - Indonesia menargetkan diri buat jadi pusat fashion muslim dunia pada 2020 nanti. Menjawab tantangan tersebut, 22 desainer asal Indonesia mendirikan Indonesian Fashion Chamber (IFC). Asosiasi desainer yang ingin mempersatukan penggerak  dunia mode di Indonesia itu punya misi mengangkat fashion lokal jadi berkelas Internasional. IFC juga terbuka lebar bagi desainer muda yang lagi meniti karir loh!

 

Karena bertujuan ingin menyatukan semua elemen dalam ekosistem fashion, bukan cuma desainer aja yang boleh bergabung. Keanggotaan khusus dibuka lebar untuk industri garmen, personal stylist, fashion blogger, model, fotografer fashion, event organizer, online shop, hingga media pun boleh join IFC.  Tapi buat kamu yang pengen mendaftar sebagai fashion desainer, at least kamu harus punya label yang sudah berjalan setahun dan progrensif. desainer muda pun boleh banget join, karena persyaratan usia mulai dari 18-40 tahun. Berani kan?

“Kami melihat progres fashion di antara desainer muda makin ketat. Yang harus dibenahi adalah banyak brand milik desainer muda yang bagus tapi konsep dan identitas produknya kurang kuat. Nah inilah yang jadi concern IFC,” tutur Marketing Communication & Public Relation IF Lenny Agustin kepada Zetizen Team.

Salah satu desainer termuda anggota IFC adalah Andreas Sanjaya dari Medan. Cowok yang masih berusia 18 tahun ini telah meniti label miliknya sendiri yang dinamai Andreas Lim. Dia bergabung dengan IFC sejak asosiasi itu terbentuk yakni pada 16 Desember 2015 lalu. Labelnya yang khas dengan desain couture dapat banyak kemajuan sejak bergabung dengan IFC. “Aku seperti dapat rumah baru yang mengembangkan karyaku di dunia mode. Di IFC kami diajarkan bahwa branding itu penting banget bagi desainer.  Kebersamaannya juga kerasa di IFC,” tutur Andreas Sanjaya.

Yep, kegiatan IFC emang banyak banget. Selain rajin mengadakan dan terlibat dalam fashion event berkelas nasional-internasional, IFC juga banyak menyajikan program edukatif. Mulai dari seminar, workshop tentang serba-serbi fashion hingga pelatihan ke SMK jurusan tata busana. IFC memang telah berkomitmen untuk saling merangkul memajukan fashion Indonesia. Hingga saat ini, IFC punya 130 anggota yang bakal terus berkembang. (sam)

 

How to join IFC:

  1. Daftarkan nama dan label kamu di chapter-chapter IFC yang tersebar di 11 kota. Chapter ini adalah perwakilan IFC di daerah yang bertujuan menstimulus potensi fashion di sana. Saat ini ada chapter IFC Jakarta, Aceh, Medan, Padang, Balikpapan, Bandung, Yogya, Semarang, Makassar, Surabaya dan Denpasar.
  2. Tulis surat permohonan untuk jadi anggota, CV, dan portofolio labelmu. Kirim via email ke lennyagustin18@gmail.com dan masing-masing chapter (bisa kamu lihat di instagram tiap chapter).
  3. Jika telah memenuhi syarat, kamu bakal di-interview dan labelmu bakal dikurasi oleh senior IFC. Good luck ya!

 

Foto: IFC

RELATED ARTICLES

Please read the following article