Tim Noble dan Sue Webster, kreator rubbish art. Foto: thisismarvelous

Zetizen.com – Buat mayoritas orang, sampah itu polusi. Tapi buat Tim Noble dan Sue Webster, sampah bisa disulap jadi kreasi yang bernilai mahal. Dua seniman asal Inggris itu berhasil menumpuk sampah sedemikian rupa sehingga refleksinya membentuk bayangan yang artistik. Kok bisa sih idenya keren gitu?

Tim Noble dan Sue Webster bertemu pada 1986 sebagai siswa Art Fine di Nottingham Trent University. Selain berteman baik, mereka sering bereksperimen dalam menciptakan kreasi unik. Hingga pada 1997, mereka memakai sampah rumah tangga dan barang pribadi yang tak terpakai. Mulai dari besi tua, kemasan plastik, kaleng minuma  hingga bangkai burung camar dikumpulkan selama enam bulan.

Sampah rumah tangga itu kemudian dibentuk agar membiaskan bayangan yang diinginkan. Dalam ruangan gelap gunungan sampah itu disinari lampu dan voila! Refleksi yang terbentuk benar-benar akurat dan realistis seperti bayangan manusia.

“Pekerjaan kami sungguh nggak sosial. Harus dilakukan ruang yang benar-benar gelap karena kami perlu menyinarinya kemudian mengambilnya lagi,” tutur Sue Webster, dilansir dari Thalo.

Well, memang sih gunungan sampah ala Tim Noble dan Sue Webster terlihat menjijikkan. Apalagi mereka kerap memakai bangkai hewan agar bayangannya yang dibentuk makin realistis, seperti bangkai tikus, kucing, hingga burung gagak. But it’s all about art! Bahkan sampah pun  bisa dimanfaatkan buat seni fotografi. Jadi terinspirasi sesuatu? (dailymail/thalo/yud/sam)

 

Share
RELATED ARTICLES
Create Your Own Article!