Are You a Zetizen?
Show Menu

Pesawat British Airways Tabrak Drone Saat Akan Mendarat

Zetizen Zetizen 19 Apr 2016
Pesawat British Airways Tabrak Drone Saat Akan Mendarat

 

Zetizen.com – Nyari foto aerial keren pakai drone emang sah sah aja. Tapi, bukan berarti kamu bisa mengabaikan berbagai peraturan keselamatan yang ada. Apalagi kalau ternyata kecerobohanmu saat menerbangkan drone berpotensi besar bikin orang lain celaka. Kayak kejadian yang menimpa pesawat british airways yang baru baru ini terjadi misalnya.

Entah karena tidak mengetahui batas larangan terbang atau emang lalai, sebuah drone yang terbang di sekitar bandara Heathrow, London tertabrak oleh pesawat yang akan mendarat. Untungnya, kejadian itu nggak menyebabkan pesawat yang membawa 132 penumpang tersebut gagal mendarat dan jadi kecelakaan.

Kejadiannya sendiri bermula saat pesawat airbus A320 milik british airways tersebut melihat drone yang tiba tiba muncul memotong lintasan pesawat. pesawat yang saat itu sedang dalam posisi final approach menuju landing pun nggak bisa berbuat banyak untuk menghindari drone tersebut. Untungnya, karena posisi pesawat yang cukup stabil dan dalam kecepatan relatif rendah, tabrakan dengan drone tersebut nggak merusak berbagai sistem penting pesawat.

Pesawat beserta seluruh kru dan penumpang pun berhasil melakukan pendaratan normal meski dengan tambahan rongsokan drone yang ikut tersangkut di badan pesawat. Gara gara itu, pesawat tersebut langsung diberikan pengecekan menyeluruh sebelum akhirnya dibelohkan terbang ke tujuan selanjutnya.

Menanggapi peristiwa tersebut, juru bicara british airways menyatakan bahwa tabrakan tersebut tidak menimbulkan kerusakan berarti. “Pesawat kami berhasil mendaat dengan sukses dan mendapatkan pengecekan menyeluruh dari teknisi. Tidak ada kerusakan berarti dan pesawat tetap aman untuk terbang,” Ujarnya.

Tabrakan antara pesawat dengan drone ini sendiri baru pertama kali terjadi di Inggris. Meski demikian, ternyata kasus pesawat yang hampir bertabrakan dengan drone sudah seringkali terjadi, terutama di Amerika Serikat. Nggak heran kalau akhirnya banyak pemerintah di berbagai negara mulai menerapkan hukum yang berat untuk mereka yang menebangkan drone secara sembrono. Nahloh, buat para pemilik drone, jangan ditiru ya! Selalu terbangkan drone kalian di tempat yang aman dan nggak mengganggu kepentingan orang lain. (bbc/cnn/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article