Are You a Zetizen?
Show Menu

Patah Hati kok Tubuh Ikutan Sakit?

Zetizen Zetizen 21 Apr 2016
 Patah Hati kok Tubuh Ikutan Sakit?

Zetizen.com – Benar nggak ya fun fact di atas? Kalau iya, berarti efek patah hati nggak sekadar sakit secara psikologis, melainkan biologis juga. Gajah aja bisa mati karena patah hati, nah manusia? Berikut penjelasan ilmiah kenapa patah hati kerasa sakit banget. (heart/elitedaily/livescience/dhs/sam)

 

Q: Kenapa saat kita patah hati, tubuh kita terasa sakit beneran? Terutama di daerah dada?

A: Well, ternyata istilah “sakit hati” bukan cuma kiasan loh. Menurut dr Nurul Hartini Spsi MKes, ahli psikologi Universitas Negeri Airlangga Surabaya, patah hati mengaktifkan hormon rasa sakit yakni kortisol dan epinephrine. ’’Ketika patah hati, beberapa homon rasa sakit dihasilkan. Ini bisa sekaligus berdampak pada kesatuan sistem tubuh kita,’’ ujarnya. Itulah yang bikin perihnya patah hati kerasa nyata dan menusuk.

Nah kenapa kerasa paling sakit di dada? Patah hati yang parah bisa menyebabkan broken heart syndrome, guys.  Symptom yang dihasilkan mirip dengan serangan jantung loh. Broken heart syndrome terjadi karena syok yang kamu rasakan mengubah ritme dan tekanan darah secara dramatis. Bedanya dengan serangan jantung adalah nggak ada arteri yang tersumbat pada broken heart syndrome.

  

Q: Reaksi tubuh kita yang terjadi saat patah hati seperti apa sih?

A: “Bisa bikin pusing. Kalau pusing, bikin nggak enak makan. Terus sakit mag dan pencernaan yang lain juga terganggu,’’ terang dr Nurul Hartini Spsi MKes. Konsentrasi juga mudah terganggu. Bahkan patah hati bisa memicu penumpukan minyak yang menyumbat pori-pori kulit jerawat rentan muncul. Folikel rambut juga memasuki keadaan yang disebut telogen effluvium. Artinya, rambut berhenti tumbuh sesaat, lalu rontok. Wih ngeri!

Foto: Dailymotion

 

Q: Siapa sih yang biasanya paling sakit? Cowok atau cewek?

A: Well, mungkin selama ini kita ngira cewek yang paling sakit karena mereka lah yang ekspresif nunjukin suasana hati. Mulai dari yang nangis tiap sebelum tidur, curhat ke teman-teman terdekat, galau di sosmed. But in fact, penelitian yang melibatkan 1000 orang sampel di Los Angeles, menunjukkan efek patah hati cowok lebih kompleks dibandingkan cewek. Saat cowok broken heart, kesedihan emosional dan turunnya rasa percaya diri mereka lebih parah. They just don’t show it.

 

Q: Kenapa setelah putus, justru wajah mantan jadi lebih sering kebayang? 

A: Efek jatuh cinta dan kangen mirip dengan efek yang ditimbulkan obat-obatan aditif pada otak, terutama kokain. Nah begitu efek yang menyenangkan diambil sehingga kamu patah hati, yang terjadi mirip dengan orang sakau. Menurut laporan National Academy of Sciences, kangen mantan yang mirip dengan sakau bisa bikin kita makin terbayang-bayang wajahnya. Makanya nggak heran rasanya perih. Duh!

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article