Are You a Zetizen?
Show Menu

Cewek jadi Pilot, Siapa Takut?

Zetizen Zetizen 21 Apr 2016
Cewek jadi Pilot, Siapa Takut?

Zetizen.com - Kini prinsip kesetaraan gender diterapkan di berbagai bidang yang dulu didominasi oleh cowok, termasuk pilot. Langkanya Pilot cewek menjadi motivasi Elesta Apriliana Wulansari untuk “menaklukkan” langit Indonesia Timur. Nggak cuma cantik, Elesta telah mengantongi 3000 jam terbang sebagai Pilot professional loh!  

Cewek kelahiran 10 April 1993 itu menempuh pendidikan Pilot di Nusa Flying International School, Jakarta pada tahun 2010. Saat itu dia adalah satu-satunya murid cewek di angkatannya. “Nggak ada perbedaan perlakuan selama pendidikan. Bahkan aku yang harus menyesuaikan dengan kemampuan teman-teman cowok. Misalnya saat push-up atau tes fisik lain,” ujarnya.

Meski awalnya berat, Elesta nggak pesimis. Karena selalu on fire, dia malah jadi salah satu calon Pilot yang berprestasi. “Saat aku lulus, Dinas Perhubungan mencari 5 lulusan terbaik dari sekolah-sekolah penerbangan untuk menjadi instruktur. Karena aku menempati rangking kedua jadi bisa terpilih,” ucap cewek asli Brebes, Jawa Tengah tersebut.

 

Elesta Apriliana, pilot. Foto: Dok pribadi

 

Elesta kembali membuktikan bahwa Pilot wanita pantas diperhitungkan dengan bergabung di salah satu maskapai. Maskapai itu banyak melakukan penerbangan di daerah Indonesia Timur. Banyak tantangan yang dirasakan Pilot yang baru merayakan ulang tahun ke-23 itu.

“Kebanyakan bandara di sana masih minim, alat navigasi nggak seperti bandara di kota-kota besar. Aku dituntut buat bisa me-manage pesawat sendiri, menyesuaikan dengan kondisi dan cuaca sekitar, serta harus pintar ber-koordinasi dengan pesawat lainnya disana,” tegasnya.

Terbukti tahan banting, Elesta kini jadi Pilot cewek yang berhasil survive dalam kondisi ekstrem. “Kebanyakan cewek mungkin pesimis kalau mau terjun ke profesi ini. Padahal cewek atau cowok sama aja loh, tergantung mindset dari masing-masing personal,” ujarnya. Keren kan? Nggak cuma cantik tapi juga pemberani. Stay inspiring, Elesta! (dhs/sam)

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article