Zetizen.com – Berawal dari media sosial yang berbasis foto, Instagram ternyata punya pengaruh sosial besar. Selain menyalurkan minat fotografi user, Instagram juga menstimulus penggunanya membentuk komunitas berbasis karya. Bahkan Instagram punya program gathering yang serempak di seluruh dunia, yakni Worldwide InstaMeet (WWIM) pada 22-24 April 2016.

Gathering tersebut merupakan WWIM yang ke-13. Komunitas Instagram di kota-kota besar Indonesia juga meramaikan WWIM lewat hunting foto dan video bareng, termasuk di Surabaya dan Jakarta. Lantaran WWIM kali ini mengusung tema Life On Earth, Surabaya mengajak user berburu angle foto menarik di Ekowisata Mangrove Wonorejo pada 24 April lalu. Sedangkan di hari yang sama, user Jakarta mengadakan WWIM di Stadion Gelora Bung Karno.

Worldwide InstaMeet 13 di Ekowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya. Foto: Fandhy Rizal 

 

Di sinilah mereka mengeksplor kreativitas bersama. Berbekal kamera gadget pun kamu bisa kok ikut gathering WWIM. Serunya, event itu bisa diikuti semua pengguna Instagram tanpa batasan jumlah atau usia loh. Kebayang kan gimana serunya?

“Sebenarnya tujuan utama kami pas lagi kumpul gini bukan saat berburu foto, tapi kumpul-kumpul sama teman sesama pecinta fotografi. Bisa saling sharing pengalaman, dapat ilmu baru, temen baru. Bisa nambah link ke teman-teman yang punya hobi sama,” ujar Aditya Agung Mustaqim, penyelenggara WWIM 13 di Surabaya.

Dia menambahkan bahwa untuk menyelenggarakan WWIM seperti di Ekowisata Mangrove Wonorejo nggak perlu ketentuan khusus. Cukup dengan mengajak minimal 2-3 orang saja, kita sudah bisa bikin event InstaMeet. “Enaknya lagi ketika kami punya rencana hunting di luar kota, kita nggak perlu bingung karena sudah punya link user Instagram di kota tujuan,” tambah Adit.

Hal itu juga dirasakan peserta WWIM 13 Surabaya, Hardy Smeraldo. Karena nggak banyak syarat, dia mengajak banyak teman buat ikutan gabung ke gathering pengguna Instagram itu. “Paling enak ngajak banyak temen kalau ikut acara gini. Jadi bisa kita jadiin model. Yah, ikut WWIM juga dijamin bakal nambah follower dan temen baru pastinya hehe,” ujar Hardy Smeraldo.

Sementara itu di Jakarta, sebanyak 2500 peserta diminta mengenakan dresscode berwarna putih. Mereka mengawali acara dengan foto bersama membentuk logo Instagram. Cool! Next, peserta menyebar di seluruh area stadion untuk mencari angle foto menarik lalu dan mengunggahnya ke Instagram dengan hashtag #WWIM13Jakarta.

 

Teriknya sinar matahari ibukota nggak menyurutkan semangat peserta. Bahkan salah seorang user dari jauh-jauh datang dari Bogor  untuk menambah teman Instagram di Jakarta. “Aku udah sering ikut InstaMeet di Bogor tapi kali ini pengen kenal pengguna Jakarta. Selain nambah ilmu fotografi lewat sesi sharing, serunya kita bisa nambah teman,” ucap Nida Fauziah.

Peserta WWIM 13 Jakarta. Foto: Vera Zetizen Team

 

Yuk hunting foto bareng! Foto: Vera Zetizen Team

 

Yep, ini lah keuntungan jadi generasi Z. Berbekal media sosial, kita bisa mengolah kreativitas serta nambah banyak teman baru dengan ketertarikan yang sama. Ketinggalan WWIM 13? Tunggu gathering selanjutnya ya! (dhs/ver/sam)

 

Share
Create Your Own Article!