Zetizen.comSalah satu cara buat menuangkan imajinasi adalah melukis pakai cat air atau yang disebut watercoloring. Selain artistik dan mudah dibersihkan, karya watercoloring emang unik. Nggak heran, 3 di antara 10 Zetizen suka watercoloring. Bahkan, hobi cat air bisa dijadikan ladang bisnis loh.

Misalnya, yang dilakukan Sarah Ameeyo. Cewek yang berdomisili di Jakarta itu nggak cuma hobi melukis dengan cat air. Tapi, Sarah juga menjual hasil lukisannya melalui sebuah website bernama Big Bear and Bird. Di sana dia menjual barang-barang hasil lukisan cat airnya. Mulai phone case, home décor, sampai stationery.

Sarah kali pertama menyadari bakatnya waktu SMA. Dia sering diminta guru keseniannya untuk jadi asisten guru. Kenapa harus cat air? Menurut Sarah, pewarnaan pada cat air itu terlihat lebih halus dan artistik. ’’Degradasi warna juga lebih gampang didapat dengan cat air daripada cat minyak,’’ jelasnya.

Uniknya, karya yang dihasilkan Sarah punya konsep desain fabel. Yakni, objek hewan-hewan supercute yang berlaku seolah-olah menjadi manusia. Menurut Sarah, konsistensi karakter dan ciri khas itu harus dimiliki setiap watercolor artist. ’’Makanya, aku kuatkan dulu gambar fabel, baru dari situ aku eksplorasi,’’ kata Sarah.

Soal teknik melukis, Sarah lebih menyukai teknik wet on dry. Wow, teknik itu juga paling banyak digunakan Zetizen dari Aceh sampai Jayapura loh. Bagi Sarah, teknik wet on dry bisa membuat gambarnya tampak lebih rapi dan detail. Goresannya juga terlihat lebih tajam. Bila ditumpuk dengan warna lain, warna sebelumnya nggak akan tercampur dengan warna yang baru dan detail lukisan tetap tampak. (pew/c14/adn)

Share
Create Your Own Article!