Are You a Zetizen?
Show Menu

Cara Melindungi Diri dari Teror Penyayatan

Zetizen Zetizen 30 Apr 2016
Cara Melindungi Diri dari Teror Penyayatan

 

Zetizen.com – Tiga cewek telah jadi korban teror penyayatan di Yogyakarta pada 25 April 2016 lalu. Pelakunya adalah seorang lelaki bermotor yang tiba-tiba mendekat dan menyayat lengan mereka dengan pisau tajam  di tengah hari. Nggak sempat menghindar, ketiga korban yang disayat di lokasi berbeda itu mengalami luka serius. Bahkan salah satunya harus dijahit dengan 20 jahitan. Ngeri!

Bukan mau nakut-nakutin sih, tapi bagaimanapun kita harus waspada. Tiga korban penyayatan di Yogyakarta terdiri atas dua murid sekolah dan satu mahasiswi. So, siapa pun bisa jadi korban, guys. Apalagi sekarang pelaku kejahatan udah berani beraksi di siang bolong. Andai kamu menghadapi penjahat yang aksinya mirip dengan pelaku di Yogyakarta, lindungi dirimu dengan empat strategi berikut (sam)

 

Pergi Secara Berkelompok

Ketiga cewek yang jadi korban penyayatan di Yogyakarta sedang sendirian saat pelaku beraksi. Bisa disimpulkan bahwa  kamu yang sedang sendirian lebih berisiko jadi korban kejahatan. Usahakan pergi secara berkelompok atau minimal berdua ketika melewati jalan sepi. Bukan berarti nggak mandiri, tapi kamu harus pintar-pintar atur strategi melindungi diri.

 

Jangan Lihat Handphone Melulu

Ini nih kebiasaan generasi Z yang bikin kita disebut generasi merunduk. Smartphone-mu emang bisa ngasih semua info yang kamu butuhkan, tapi jangan sampai ia bikin kamu nggak peka. Sering nggak lagi jalan kaki tapi mata “nancep” ke layar handphone?  Kurang-kurangin tuh. Gimana kamu mau sadar ada yang ngikutin kamu kalau main HP melulu?

 

Run or Fight Back!

Pelaku teror sayat di Yogyakarta dilaporkan beraksi dalam kondisi tenang. Bahkan dia mengendarai motornya dalam kecepatan 30-40 km/jam. Artinya,  bukan nggak mungkin korban sempat menyadari kedatangan pelaku sebelum dia beraksi. Kalau kamu punya kesempatan ini, pilihanmu ada dua: lari atau melawan.

Lari lah kalau kamu bisa berlari super cepat dan dekat dengan keramaian.  Lawan jika kamu nggak punya opsi lain. Pasang kuda-kuda dan kepalkan kedua tanganmu di depan. Pelaku yang membawa pisau biasanya cuma fokus pada pisaunya. Serang dia di bagian tubuh lain seperti menendang kaki, bahu, atau motornya biar dia oleng.  Gerakan self-defense di video ini bisa kamu latih.

 

 

Keluarkan Senjata Super

Agar lenganmu nggak jadi sasaran sayatan pisau pelaku, coba deh pinjam kostum Stromtrooper seperti di film Starwars. Mau pisau, mau air gun, nggak bakal tembus! Kamu juga bisa pinjam tameng Captain America buat dibawa kemana-mana. Tandinganmu cuma peneror sekelas Iron Man.

RELATED ARTICLES

Please read the following article