Are You a Zetizen?
Show Menu

Nggak mau di-bully? Jangan Posting Kayak Gini

Zetizen Zetizen 04 May 2016
Nggak mau di-bully? Jangan Posting Kayak Gini

Zetizen.com - “Sosmed, sosmed aku. Nggak suka ya unfollow aja!” Hmmm, hayo ngaku, siapa yang pernah punya pikiran kayak gitu kalau lagi posting di Sosmed?

Emang sih, yang namanya sosial media itu adalah media kamu buat bebas ber ekspresi. Tapi jangan lantas kamu lupa bagian sosialnya, dong! Kalau postinganmu ternyata udah bikin nggak nyaman teman temanmu di sosial media, kayaknya mendingan dihapus deh. Soalnya, bisa aja gara gara postinganmu yang annoying itu, kamu jadi korban cyber bullying di sosmed mu sendiri. Nah, repot kan? Makanya, biar kehidupanmu di sosmed bisa asik dan nyaman, hindari ya postingan semacam berikut! (ndy/giv)

 

Postingan ‘Suka-Suka Gue’

Iya, iya, kita tahu kok kamu bebas untuk posting apapun di media sosial. Cuma jangan keterusan dong! Siapa sih yang nggak kesel kalau ngelihat postingan yang nggak sesuai norma masyarakat, tapi malah berusaha membela diri dan bukannya memperbaiki? Kalian masih ingat kan soal penginjak taman bunga yang dengan pedenya posting fotonya berpose di taman bunga yang hancur? Nginjek taman orang lain yang belum tentu bisa dia rawat aja bilangnya ‘suka-suka gue’, gimana nggak kena bully dan jadi bahan ‘kreatif’ tangan netizen  se-Indonesia raya tuh?

 

Pamer Harta yang Nggak pada Tempatnya

Punya barang baru, update. Nongkrong di café mahal, update, Jalan jalan keluar negeri, Update. Well, emang sih sosmed itu diciptakan buat pamer. Tapi kalau ternyata hal yang kamu pamerin di sosmed itu udah berlebihan bahkan Cuma buat pencitraan, nggak malu tuh? Apalagi kalau kamu sampai menyindir dan menghina orang lain yang kebetulan nggak seberuntung kamu. Ada loh tipikal pengguna sosmed kayak gini yang sukanya pamer terus mengejek netizen lain sebagai kaum jelata, nggak selevel, bahkan sok-sok punya haters. Yaelaaaaaah!

 

Pamer Kemesraan di Sosmed

 Jaman sekarang, pamer pacar ke public nggak cukup hanya di dunia nyata, tapi pindah ke ranah sosial media. Well, kita tahu kok kalau momen romantis sama pacar itu emang penting buat diabadikan. Tapi kok postingannya ciuman bibir, pegang-pegang, sampai yang….ehm, nggak usah disebutin gitu sih? Maksudnya mau dibilang relationship goals atau mau panen haters sih?  FYI, kontrol sosial masyarakat sekarang udah berpindah ke sosial media. Artinya, hal nggak seharusnya nggak dilakukan di dunia nyata menurut norma masyarakat, seharusnya juga nggak kamu lakuin di sosial media. Pasti nggak mau kan, Cuma gara gara kamu pengin momen mesra mu sama si pacar dilihat orang lain, kamu jadi harus berurusan sama hukum gara gara dianggap ngelanggar hukum asusila atau pronografi?

 

Ngedit Yang Nggak Masuk Akal

Tanpa aplikasi maupun software edit, fotomu mungkin terkesan biasa-biasa aja.  Dalam fotografi, editing itu juga sah sah aja bahkan tergolong penting. Tapi kalau ngeditnya lebay bahkan kelihatan dibuat buat ditambah caption bombastis, gimana nggak geli ngelihatnya? Tuh contohnya aja postingan akun Instagram yang baru-baru ini lagi viral di berbagai sosmed. Ya masa sih mau pamer panasnya api asmara harus ditambahin pakai background kebakaran hutan? #Prayforkebakaran

 

Caption Salah Gaul

Nah ini level paling absurd dan paling cepat mengundang bully-bully cinta dari netizen. Yes, sometimes people judging you by your caption photo. Kayak postingan salah satu akun medsos ini. Sejak kapan coba naik Haji itu perginya ke negara Brunei Darussalam? Netizen bukannya niat mau nge-bully, tapi malah balik jadi kasihan kan. Makanya, lain kali kalau mau update, ide captionnya di cek dulu ya ke mbah Google biar nggak salah bikin caption.

RELATED ARTICLES

Please read the following article