Are You a Zetizen?
Show Menu

Wah, Ternyata Smartphone Bisa Sebabkan Gangguan Kulit

Zetizen Zetizen 04 May 2016
Wah, Ternyata Smartphone Bisa Sebabkan Gangguan Kulit

 

Zetizen.com – Nggak Cuma penting buat menjaga smartphone tetap update dan aman, menjaga kebersihan smartphone yang kita miliki juga penting banget loh, guys. Berdasarkan penelitian yang dilakukan ahli dermatologi dari New York, Dr. Erin Gilbert, smartphone yang kotor bisa menyebabkan banyak risiko kesehatan yang berbahaya. Bahkan bisa membuat kulit bermasalah loh.

Gara garanya, benda yang satu ini ternyata mampu menjadi salah satu media penampung ribuan jenis bakteri yang bisa menjadi sumber permasalahan untuk kulit. Apalagi jika sering digunakan untuk menelpon. "Masalah kulit yang paling sering terjadi akibat bakteri yang terdapat di smartphone adalah jerawat," ujar dokter lulusan SUNY Downstate College of Medicine tersebut, dilansir dari Techinsider.

Menurut Dr. Erin Gilbert, jenis bakteri yang biasanya terdapat pada smartphone yang kurang bersih berupa bakteri Staphylococcus, Streptococcus, dan Corynebacterium. Tentunya kamu nggak mau kan kalau tubuhmu yang udah penuh bakteri dari aktivitas sehari hari ketambahan tirliunan bakteri dari smartphone yang selalu kamu bawa kemana mana.

Parahnya lagi, kadar perpindahan bakteri dari smartphone ke kulit manusia akan menjadi lebih tinggi karena kadar kelembaban yang dibuat oleh minyak dan make up penggunanya. Hal itu lah bisa menyababkan kulit manusia jadi berjerawat. Hal ini diperparah lagi jika pengguna smartphone juga termasuk orang yang sering menggunakan headphone.

“Headphone yang kotor dapat meningkatkan infeksi kulit dan penyebaran bakteri acne,” ujar Dr. Debra Luftman, ahli dermatologi dari Amerika. Jadi, biasakan membersihkan smartphone mu yaa! Kamu bisa mencoba beberapa teknik pembersihan yang cukup mudah kayak menggunakan lap microfiber dan cairan anti bakterial atau alkohol untuk membersihkan semua bagian smartphone atau headphone yang kamu miliki. (ctpost/ techinsider/dhs/giv)

RELATED ARTICLES

Please read the following article