Are You a Zetizen?
Show Menu

Sering Pakai Maskara dan Eyeliner? Awas Radang Kelopak Mata

Zetizen Zetizen 04 May 2016
Sering Pakai Maskara dan Eyeliner? Awas Radang Kelopak Mata

 

Zetizen.com – Pemakaian maskara dan eyeliner ternyata bisa menimbulkan radang kelopak mata atau blepharitis loh. Makanya kudu hati-hati jika kamu sering memakai dua produk make up tersebut! Tapi nggak semua maskara dan eyeliner kok!  Cuma produk tercemar lah yang bisa memicu blepharitis. Tercemar apa sih?

Produk kosmetik tercemar, berkualitas rendah, dan yang sudah kadaluwarsa memang bahaya dipakai. Soalnya, produk itu memudahkan bakteri atau jamur tumbuh di area kelopak mata dan menyebabkan infeksi. blepharitis menyebabkan mata merah, kering, sensasi terbakar pada kelopak hingga kerontokan bulu mata. Duh!

 

Radang kelopak mata atau blepharitis. Foto:Seedrjudd

 

“Blepharitis terjadi karena pertumbuhan bakteri yang memicu terjadinya disfungsi kelenjar sebasea pada dasar dari folikel rambut dari bulu mata. Kelenjar minyak kecil yang terletak dekat pangkal bulu mata tersumbat. Hal inilah yang menyebabkan iritasi mata merah dan pembengkakan di kelopak mata,” ujar Anurag Wahi, Senior Consultant di Sharp Sight Group of Eye Hospital, New Delhi, dilansir dari Times of India.

Padahal, blepharitis biasanya terjadi karena terlalu sering melihat layar gadget atau komputer dalam durasi yang lama. Namun, menurut dokter spesialis mata di India, Chirag Gupta, risiko blepharitis 15 persen lebih tinggi di perkotaan. Sebab, pengguna make up di area mata lebih banyak adalah cewek perkotaan. Sayangnya, fakta ini masih belum banyak diketahui oleh para cewek.

Jika matamu kering, merah, kelopak matamu bengkak dan bulu matamu jadi kasar, segera periksakan ke dokter mata. Itulah gejala blepharitis. Dokter mata biasanya akan memberi treatment berupa sterilisasi area mata. So, hati-hati ya saat memilih produk make-up untuk mata! (thestatesman/timesofindia/dhs/sam)

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article