Are You a Zetizen?
Show Menu

GoPro Rekam Peluncuran Roket Hingga Luar Angkasa

Zetizen Zetizen 08 May 2016
GoPro Rekam Peluncuran Roket Hingga Luar Angkasa

 

Zetizen.com – Ketangguhan action cam GoPro emang udah sering dibuktikan lewat berbagai aktivitas ekstrem. Mulai dari laut terdalam hingga gunung tertinggi udah pernah ditaklukan action cam yang satu ini saat beraksi. Tapi apa jadinya kalau gopro kemudian dibawa ke lingkungan paling ekstrem yang pernah dikenal manusia, yakni luar angkasa?

Jawabannya adalah, baik baik saja! Iya, action cam tangguh yang satu ini ternyata juga bisa berfungsi dengan baik bahkan di lingkungan se-ekstrem luar angkasa. Hal itu dibuktikan oleh kamera Go Pro Hero 4 yang ikut ‘menumpang’ terbang di roket SpaceLoft-10 milik perusahaan UP Aerospace. Penerbangan tersebut merupakan misi ujicoba keempat perusahaan untuk Flight Opportunities Program NASA yang bertujuan untuk “mencari teknologi penerbangan luar angkasa terbaru dari kalangan pemerintah, industri dan akademia”.

Saat diluncurkan, ketangguhan gopro terebut benar benar memukau banyak pihak. Bayangkan saja, action cam itu mampu merekam seluruh proses penerbangan roket yang melesat hingga kecepatan Mach 5.5 atau sekitar 6115 kilometer/jam mulai dari diluncurkan hingga mencapai target ketinggian sub-orbital pada 396.000 kaki atau setinggi 120 kilometer diatas permukaan bumi.

 

 

Dalam uji terbang kali itu, action cam gopro Hero4 tersebut dipasang di modul kapsul Maraia yang menjadi muatan ujicoba dari roket SpaceLoft-10. Kapsul Maraia inilah yang akan membawa kembali seluruh data pengujian terbang termasuk hasil rekaman dari GoPro.

Nantinya modul Maraia ini akan dikembangkan NASA sebagai sistem kendaraan murah pengangkut sample dan asil riset ilmiah otomatis untuk mendukung kegiatan di International space Station (ISS) yang ada di orbit bumi. (techcruch/digitaltrends/ndy/giv)

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article