Are You a Zetizen?
Show Menu

7 Fakta Tentang New Zealand

Zetizen Zetizen 12 May 2016
7 Fakta Tentang New Zealand

 

Zetizen.com – Sudah pada tahu kan kalau Zetizen lagi cara team Alpha Zetizen buat diberangkatkan ikutan Fun Adventure ke New Zealand? Kira-kira hal apa aja sih yang unik dari negeri ini. Scroll down ya.

Selandia Baru adalah negara kecil, yang berukuran sama dengan Britania Raya atau Jepang. Dengan populasi hanya empat juta orang, negara ini termasuk sepi. Sedangkan di Britania Raya jumlah penduduknya mencapai 63 juta orang.

Sejak rilisnyanya film The Lord of the Rings di tahun 2001, Selandia Baru dikenal sebagai 'Kampung Halaman Middle-earth'. Pemandangan dramatis Selandia Baru berhasil jadi andalan negara ini. Panorama alam dengan dataran keemasan, pegunungan yang menjulang, dan lembah-lembah memukau sangat pas menjadi gambaran dunia ajaib Middle-earth. Lebih dari 150 lokasi di negara ini masuk dalam scene film trilogi The Lord of the Rings dan The Hobbit. Oiya, kamu juga bisa kok main ke Hobbiton alias rumah si Frodo dkk.

Hongi ala suku Maori. Foto: NZtramping

Suku Māori adalah yang pertama kali datang ke Selandia Baru. Mereka melakukan perjalanan dengan kano dari Hawaiki sekitar 1.000 tahun lalu. Seorang berkebangsaan Belanda, Abel Tasman, adalah orang Eropa pertama yang melihat negara ini, tetapi orang Inggrislah yang menjadikan Selandia Baru sebagai bagian dari kerajaannya.

Hongi merupakan cara tradisional yang dilakukan suku Maori sebagai sapaan. Mereka akan menempelkan hidung dan dahi satu sama lain pada waktu bersamaan.

Sungai Haast, South New Zealand. Foto: Pinterest

Tak hanya Lord of The Ring, film The Chronicles of Narnia: Prince Caspian juga pernah mengambil set syuting di New Zealand. Lebih tepatnya berada di lembah sungai Haast, pulau selatan Selandia Baru dan Cathedral Cove.

Di New Zealand, jumlah populasi domba lebih banyak dibandingkan manusia. Berdasarkan data statistik New Zealand, jumlah penduduk sekitar 4,6 juta sedangkan jumlah domba sebanyak 29,5 juta. Artinya setiap satu orang berbanding dengan 6 domba.

Berdasarkan data dari Corruptions Perception Index, New Zealand alias Selandia Baru ini merupakan negara dengan rasio korupsi paling rendah alias negara paling bebas korupsi setelah Denmark. Keren!

 

Siapa nih yang pengin ikutan kesana? Yuk buruan aja submit aksi positif kamu di Zetizen go to NZ National Challenge.

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article