Are You a Zetizen?
Show Menu

4 Alasan Logo Baru Instagram Nggak Disukai Pengguna

Zetizen Zetizen 13 May 2016
4 Alasan Logo  Baru Instagram Nggak Disukai Pengguna

 

Zetizen.com instagram ganti logo! Logo ikonik instagram yang awalnya berwarna coklat-putih menjadi gradasi warna ungu, oren dan pink sejak 11 Mei 2016 lalu . Sayangnya, sebagian besar user merespon negatif Logo baru media sosial berbasis foto dan video itu.  Apa sih alasan instagram mengubah logonya?

“Kami terinspirasi dari cara komunitas kami tumbuh dan berubah. Kami ingin menciptakan sesuatu yang mewakili semangat dan keberagaman cerita yang instagram buat,” ujar perwakilan Instagram, dilansir dari Telegraph. Pihak instagram juga menambahkan bahwa warna Logo baru mereka mewakili transformasi media sosial itu sejak dibeli oleh Facebook empat tahun lalu senilai US$ 1 miliar. 

Selain mengganti logo, instagram juga meng-update desain tiga aplikasi pendukungnya yakni Boomerang, Layout dan Hyperlapse. Selain itu nggak ada yang berubah dari  cara kerja media sosial itu. Tapi kenapa sih pengguna pada protesnya? Berikut 4 alasan kenapa user nggak suka dengan Logo baru instagram (hth/sam).

 

1. Pengguna Harus Membiasakan Mata

Sudah lima tahun instagram dikenal dengan Logo kamera retro berwarna putih-coklat. Yep, mobile photo sharing app itu rilis sejak Oktober 2010 silam. Logo lama instagram disebut-sebut para desainer sebagai salah satu Logo aplikasi yang paling mudah dikenali. Nah dengan Logo baru instagram yang colorful mata dan jari kita harus membiasakan nge-tap Logo itu di layar smartphone kita.  Kita bakal butuh waktu lebih lama buat cari Logo instagram di antara barisan aplikasi lain karena belum terbiasa.

 

2. Warna Logo Baru Dinilai Kurang Berkarakter

Ian Spalter, pimpinan desainer grafis instagram menilai warna Logo yang baru nggak mewakili komunitas pengguna. Makanya dia mengganti logonya dengan warna yang lebih colorful. Sayangnya warna colorful pada Logo baru dinilai nggak stand out karena kurang berkarakter. Bahkan ada juga yang menyebut warna pelangi Logo instagram dipengaruhi simbol LGBT.

 

3. Mirip dengan Aplikasi Lain

Instagram mengklaim bahwa mereka menciptakan Logo dengan desain yang lebih simple. Emang sih, berdasarkan prinsip desain, Logo harusnya mudah diingat dan sederhana. Sayangnya, warna Logo yang baru mirip dengan banyak aplikasi lain terutama iTunes Store dan Podcast. Selain itu banyak pula aplikasi yang menggunakan Logo colorful seperti Chrome, Drive, dll.  Ini bakal menyulitkan user yang ingin cepat mencari ikon instagram karena teralihkan dengan warna-warni aplikasi lain.

Logo iTunes Store dan Podcast mirip dengan Logo baru Instagram

 

4.  Desainnya Template

Saking kesalnya dengan Logo instagram yang dinilai template, banyak user yang membuat tutorial parodi cara membuat Logo baru instagram dengan berbagai aplikasi. Mulai dari Adobe Photoshop hingga Miscrosoft Power Point. Video-video ini menunjukkan bahwa Logo baru instagram diciptakan tanpa usaha keras.

 

 

RELATED ARTICLES

Please read the following article