Foto: Youtube

 

Zetizen.com – Tahun ini, cukup banyak film yang diadaptasi dari game. Misalnya, Warcraft yang rencananya dirilis pada Juni, Assassin’s Creed pada Desember, dan tentu saja Angry Birds yang akan tayang pada 13 Mei 2016 di Indonesia. Film adaptasi game yang telah diunduh sekitar 3 miliar itu juga merupakan film perdana animator Walt Disney Studio, Fergal Reilly, sebagai sutradara.

’’Karakter dalam game ini sebenarnya tidak punya kepribadian. Tantangannya ya bagaimana menciptakan karakter dan dunianya yang tetap bisa relate dengan penonton,’’ tutur Reilly seperti dikutip dari Irish Times. Bekerja sama dengan Clay Kaytis, Reilly pun menciptakan sebuah pulau yang dipenuhi burung-burung. Mereka terbang bebas dan bahagia. Namun, ada Red (Jason Sudeikis) yang selalu marah-marah sepanjang hidupnya.

Di kelas anger management, Red bertemu dengan Chuck (Josh Gad) dan Bomb (Danny McBride). Suatu hari, seekor babi bernama Leonard (Bill Hader) datang. Ternyata, dia punya misi buruk. Red dan teman-temannya berusaha melawan. Stigma masyarakat tentang amarah memang buruk. Tapi, melalui The Angry Birds Movie, Reilly ingin mengungkapkan bahwa kadang kita butuh amarah and that’s OK.

Foto: Youtube

Secara garis besar, plot The Angry Birds Movie mungkin mudah ditebak. Namun, sentuhan animasi yang berbeda dari game serta komedi yang diluncurkan melalui dialog para tokoh membuat film itu patut ditonton, apalagi bagi penggemar game-nya. Tidak heran, kemampuan duo animator, Reilly dan Kaytis, memang tidak perlu diragukan. Mereka selalu bisa menghasilkan storyboard yang pas.

Misalnya, Reilly pada Spider-Man 2 (2004), Cloudy with a Chance of Meatballs (2009), dan Hotel Transylvania (2012), sedangkan Kaytis pada Chicken Little (2005), Tangled (2010), dan Frozen (2013). ’’Aku merasa sangat beruntung bisa membuat cerita dan karakternya, kemudian membaginya dengan penonton,’’ imbuh Reilly.

Salah satu pengisi suara, Gad, turut memuji dua animator tersebut. ’’Hampir mirip Lego Movie (2014). Film ini cerdas, tak terduga, dan sangat indah,’’ ujar komedian itu kepada IGN. Gad mengaku tersihir akan dunia yang dibuat Reilly dan Kaytis. Keterlibatan keduanya membuat Gad bergabung meski awalnya ragu. ’’Produser mengajakku ke studio dan memperlihatkan prosesnya. Selama 30 menit berkeliling, aku shock,’’ tambahnya kepada IGN.

Foto: Youtube

Bagi yang akan menonton, jangan langsung keluar studio. Sebab, Rovio Entertainment selalu kreator game Angry Birds meletakkan sebuah kode pada kredit film. Kode itu akan membuka level eksklusif pada game Angry Birds Action!. ’’Intinya sih untuk menyambung cerita. Kami ingin penonton ter-distract untuk kembali memainkan game-nya,’’ kata Miika Tams, vice president of games di Espoo, studio Rovio di Finlandia. (IGN/thenewsstar/pew/c23/rat)

 

Data Film

Sutradara: Fergal Reilly, Clay Kaytis; Produser: John Cohen, Catherine Winder; Penulis: Jon Vitti; Adaptasi: Angry Birds dari Rovio Entertainment; Pengisi suara: Jason Sudeikis, Josh Gad, Danny McBride, Maya Rudolph, Kate McKinnon, Sean Penn, Tony Hale, Keegan-Michael Key, Bill Hader, Peter Dinklage; Musik: Heitor Pereira; Produksi: Rovio Entertainment, Sony Pictures Imageworks; Distributor: Columbia Pictures; Rilis: 13 Mei 2016; Durasi: 95 menit

Share
Create Your Own Article!