Credit: Japantimes

 

Zetizen.com – Kuliah gratis di Jepang, why not? Buat kamu yang baru lulus SMA, nggak ada  salahnya loh mencoba apply beasiswa MEXT atau Monbukagakusho. Beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Jepang itu akan men-cover biaya pendidikan, akomodasi, sekaligus biaya bulanan. Asyik kan? Menurut situs resmi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, tahun lalu kurang lebih 5000 pelamar yang mendaftarkan untuk beasiswa ini. Untuk lulusan tahun 2016, pendaftaran beasiswa ini dibuka mulai besok 24 Mei - 9 Juni 2016. Yuk ikutan!

 MEXT menyediakan tiga program beasiswa yaitu program S1 (Gakubu), D3 (Kousen), dan D2 (Senshu). Tapi sebelum siap kuliah, kamu harus ikut kursus bahasa Jepang selama setahun. So, studimu bakal setahun lebih lama. Kamu nggak harus bisa berbahasa Jepang kok buat apply beasiswa ini. Syaratnya, rata-rata nilai ujian nasionalmu harus 8,4. Jika kurang dari itu, kalian harus punya sertifikat Japanese Language Proficiency Test (JLPT) minimal N4 untuk program D2 dan N3 untuk program S-1 dan harus memilih bidang IPS.

Buat lulusan   SMK, MA dan sederajat boleh ikut juga kok. Serunya, nggak ada batasan kuota untuk penerimaan beasiswa Monbukagakusho ini. Tapi tentu saja kamu harus melewati seleksi ketat. Setelah lolos seleksi administrasi dan wawancara, kamu harus  bersaing dengan pelamar dari negara lain. Seleksi terakhir ada di pihak Monbukagakusho. Nah kalau lolos, kamu akan diberangkatkan ke Jepang pada awal tahun ajaran baru, yakni April 2017. Info lebih lanjut bisa kamu cek di sini.(ndy/sam)

Share
Create Your Own Article!